Akmal dan Tim Penilai KEK Barsela Tinjau Lokasi Surin

(ist)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama rombongan tim Persiapan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Provinsi Aceh, meninjau lokasi wacana pembangunan KEK Barat Selatan (Barsela) Aceh di Teluk Surin, Kamis (16/8) Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengatakan wacana surin menjadi KEK, karena jarak ke beberapa kabupaten di Barat Selatan Aceh sangat dekat dengan Abdya, jika dibandingkan ke Belawan Sumatera Utara.

“KEK Barsela berada di Abdya, maka terjadi penghematan biaya transportasi bagi pengusaha seperti pengusaha CPO dan sejumlah komoditi yang selama ini mengangkat CPO ke Belawan,” sebutnya.

Ads

Oleh sebab itu jarak sejumlah kabupaten di Barat Selatan Aceh sangat dekat ke Abdya, jika dibandingkan ke Belawan Sumatera Utara.

“Jika dibandingkan dengan Belawan (pengakutan CPO), maka Abdya (KEK) sangat diuntungkan. Untuk eskpor ke India hanya butuh 60 jam saja, kalau dari Belawan harus mutar Sumatera dulu,”

“Kita jauh jauh hari sudah mempersiapkan KEK ini bahkan semenjak 2008 sudah di rintis. “Persiapan lahan sudah, Infrastruktur jalan  sudah oke. Alasan inilah KEK harus di Abdya,” lanjut Akmal.

Kasi Regulasi DPMPTSP Aceh, Zulkifli Hamid Paloh mengatakan kehadiran tim itu untuk melakukan survei pembangunan KEK Barsela. Ia menyebutkan, pihaknya akan turun ke delapan kabupaten di Barat Selatan Aceh.

“Salah satu menjadi nilai adalah persoalan lahan, dan komitmen pemerintahnya. Kalau Surin lahannya sangat bagus,” ujar Zulkifli Hamid Paloh. [Jimi Pratama]