Sembilan Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

republika
--Ads--
loading...

Mekah (KANALACEH.COM) – Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji’un. Seorang lagi jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kloter 12-BTJ, Halimah binti Hasan Dem (90), asal Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, meninggal dunia di Mekah.

Informasi tersebut disampaikan tim pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 12, Hamdan. Ia menjelaskan bahwa jenazah almarhum sudah disalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di Syaraya.

Menurut Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Maulid Hidayati, Halimah meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) King Faisal pada jam 18.30 Waktu Arab Saudi karena stroke. Pemilik manifes 204 tersebut mempunyai riwayat stroke iskemik akut dan hipertensi.

Ads

Baca: Pasca Hujan, Kondisi Mina Kondusif, Jemaah Haji Aceh Dalam Kondisi Sehat

Pada 9 Agustus lalu, jam 08.10 jemaah ke kamar mandi, tiba-tiba mengeluh lemas dan tidak bisa menggerakkan anggota gerak sebelah kiri. Oleh Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 12 kemudian dipasang infus dan menghubungi Tim Gerak Cepat (TGC). Jemaah kemudian dirujuk ke RSAS King Faisal.

“Lalu, 16 Agustus kemarin, jam 19.20 WAS, kami mendapat kabar jemaah telah meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit,” jelas Maulid.

Ketika TKHI bersama keluarga almarhum tiba di RS King Faisal, jenazah sudah dimasukkan ke kamar jenazah. Malam itu juga, petugas kloter dan maktab mengurus sertifikat kematian (CoD).

Sementara itu, kepada Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril mengatakan bahwa sampai Sabtu (16/8) kemarin, sudah sembilan jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi untuk musim haji tahun 2019.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sbtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

JCH dari kloter 10, Tarmizi Bungsu Agam (76) asal Aceh Selatan, meninggal dunia pada Kamis (8/8) di Mekah, dan Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68) asal Pidie yang tergabung dalam Kloter 11 meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) lalu.

Kemudian, pada Rabu (14/8), jemaah kloter 9 asal Bireuen, Amiruddin Muhammad Adam (54) juga meninggal di Mina dan Kamis (15/8), Ibrahim Abdullah Amin (76), kloter 4 asal Aceh Besar, meninggal dunia di Syisyah. Dan Jumat (16/8) kemarin, seorang jemaah kloter 12, Husen Hasan Sulaiman (92) dari Aceh Utara, juga meninggal dunia. [aceh.kemenag.go.id]

Ads