Beri Keamanan, Polda Rangkul 105 Mahasiswa Papua yang Ada di Aceh

(Foto: Rencongpost)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polda Aceh melakukan pendekatan persuasif untuk merangkul mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, yang sedang menimba ilmu di berbagai Perguruan Tinggi di Provinsi Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono mengatakan, upaya itu dilakukan Polda Aceh dalam rangka menyikapi dinamika perkembangan situasi kamtibmas di Papua dan Papua Barat masih dalam tahap pemulihan.

Polda Aceh berupaya untuk memberi jaminan keamanan dan perlindungan kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang belajar di Provinsi Aceh.

“Sekaligus untuk mengantisipasi adanya isu rencana pemulangan mahasiswa Papua dari seluruh kota tempat belajar di Indonesia, untuk kembali ke Papua dan Papua Barat, “sebut Kabid Humas melalui pesan tertulisnya, Senin (9/9).

Kata dia, data mahasiswa Papua yang ada di Provinsi Aceh sebanyak 105 orang. Yang sedang kuliah di Kota Banda Aceh sebanyak 68 orang, dengan rincian 65 orang kuliah di Unsyiah dan 3 orang lagi kuliah di kampus lain.

Kemudian yang kuliah di Kota Lhokseumawe sebanyak 37 orang dengan rincian 30 orang kuliah di Unimal dan 7 orang lagi kuliah di Politeknik.

Polda Aceh juga telah menunjuk 2  personelnya sebagai mentor para mahasiswa Papua dan Papua Barat. Kedua Personel Polri tersebut memahami kultur budaya Indonesia bagian Timur yang simpatik dan bersahabat.

“Polda Aceh dalam memberikan perlindungan keamanan kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat tersebut, juga bertujuan untuk mengantisipasi tidak adanya kelompok atau ormas yang melakukan persekusi maupun diskriminasi karena RAS, suku agama dan warna kulit terhadap mahasiwa Papua dan Papua Barat di Provinsi Aceh, sebutnya. [Randi]

Related posts