Sujud Syukur Warnai Kedatangan Jemaah Haji di Aceh

(ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 388 jemaah Haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 tiba Banda Aceh, Minggu (8/9) dinihari sekira pukul 00.34 wib melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Jemaah tersebut berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Singkil dan Aceh Besar. Saat awal menginjak kembali kaki di Bumi Aceh sebagian jemaah melakukan sujud syukur dan juga berdoa.

Pemandangan itu menjadi istimewa, biasanya jemaah kloter pertama yang melakukan hal demikian, kali ini dilakukan jemaah kloter 5.

Ads

Salah satu yang sujud syukur tersebut, mengatakan hal ini merupakan ungkapan kebahagiaannya atas nikmat dan anugerah Allah dapat menunaikan ibadah haji dan kembali ke kampung halaman, dengan mata sembab ia berkata “Alhamdulillah atas nikmat Allah untuk kami,” katanya.

Kedatangan kloter 5 disambut Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H M Daud Pakeh,  Kabag TU,  Saifuddin, SE dan sejumlah Kakankemenag asal jemaah.

Baca: 388 Jemaah Haji Kloter 2 Tiba di Aceh, 1 Dirujuk ke RSUZA

Kloter 5 mendarat di bandara SIM jam 00.14 Waktu Indonesia Barat (WIB), bergeser 39 menit dari jadwal semula.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, Daud Pakeh menjelaskan bahwa jemaah berangkat dari bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) jam 11.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Baca: 392 Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Aceh

“Alhamdulillah, 388 jemaah telah tiba di bandara SIM jam 00.14 WIB, meski bergeser dari jadwal yang direncanakan,” jelas Daud Pakeh.

Para jemaah selanjutnya mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam di Aula Jeddah, Asrama Haji Aceh, lalu kembali ke daerah masing-masing.

Menurut Daud, jemaah kloter 5 yang baru tiba sebanyak 388 orang dengan rincian 150 jemaah laki-laki dan 238 perempuan, selisih satu orang dari waktu berangkat karena dua orang meninggal dunia dan satu mutasi masuk dari kloter 10.

“Ada dua jemaah wafat, dan ada satu jemaah dari kloter 10 yang pulang bersama kloter 5, yaitu Abdurrahman bin Muhammad Yusuf, dari Lhokseumawe,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua jemaah kloter 5 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) King Faisal, yaitu Aswan bin Usman Ali (69 tahun) dari Aceh Besar dan Banta Sidi bin Raja Syah (57 tahun) dari Aceh Barat.

Panitia kesehatan debarkasi Aceh, Dokter Maya Sofia mengatakan tidak ada jemaah kloter 5 yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Zainal Abidin (RSUZA). Tapi  empat jemaah yang dirawat di klinik kesehatan asrama haji.

“Alhamdulillah, semua jemaah kloter 5 sehat-sehat saja, tidak ada yang harus dirujuk ke rumah sakit,” jelas Dokter Maya.

Sementara itu, humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa sudah 1.947 jemaah haji yang tiba di Aceh dari kloter satu sampai kloter lima, masing-masing 392 jemaah kloter 1, 388 jemaah dari kloter 2, 391 jemaah kloter 3, 388 jemaah dari kloter 4 dan 388 jemaah kloter 5.

“Masih ada 2.719 jemaah kita di Arab Saudi. Insya Allah, besok Senin (9/9) dinihari akan tiba jemaah dari kloter 6,” jelas Nasril. [kemenagaceh]