Jalin Kerjasama, Konsulat Amerika Hargai Keberagaman di Aceh

Konsulat Amerika untuk Sumatera menyematkan pin kepada Wali Kota Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Konsulat Amerika untuk Sumatera, Guy Margalith tetap akan menghargai keberagaman yang ada di Aceh, sebagai bentuk komitmen negari Paman Sam itu untuk menjaga hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Selama ini, kata dia hubungan Amerika dan Indonesia tetap baik dan menghargai satu sama lain, termasuk di Aceh yang menerapkan sistem syariat islam. Hal itu sejalan dengan tema perayaan 70 tahun hubungan diplomatik keduanya, yaitu tentang keberagaman.

“Ya tema hubungan diplomatik tahun ini, adalah keberagaman, keberagaman adalah satu nilai yang terus kami junjung, dan kami hargai itu (syariat islam di Aceh),” kata Guy Margalith kepada wartawan di Balai Kota Banda Aceh, Selasa (10/9).

Guy tidak mempersoalkan terkait pelaksanaan syariat islam yang ada di Aceh. Pihaknya tetap menghormati kekhususan yang ada di Aceh.

Keberagaman yang ada di Indonesia, kata dia salah satunya bisa dilihat di Aceh. Pihaknya dengan senang hati menerima dan belajar keberagaman di kota Serambi Mekkah.

Kedatangan pihaknya ke Banda Aceh, untuk menjalin kerjasama dibidang Pendidikan, melalui pusat education USA yang ada di Banda Aceh.

Nantinya, pelajar di Aceh bisa mencari informasi terkait universitas hingga beasiswa yang tersedia di sejumlah universitas terkemuka di Amerika.

“Di Banda Aceh ada Pusat Education USA, disini pelajar di Aceh bisa mengambil informasi bagaimana kuliah di universitas di Amerika, bahkan bagaiamana informasi melamar hingga mengambil beasiswa, kami harap anak Aceh pergi ke Amerika untuk belajar,” ucapnya. [Randi]

Related posts