Akibat Asap, Siswa di Aceh Tenggara Gunakan Masker Saat ke Sekolah

(Kanal Aceh/Seh Amin)

Aceh Tenggara (KANALACEH.COM) – Mengantisipasi dampak buruk kabut asap, Kepala MIS Lawe Kongker, Kecamatan Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Sukran Kadir membagikan bantuan berupa masker kepada siswa, Senin (23/9).

Bantuan masker tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya terjangkit penyakit ISPA terhadap siswa di sekolah.

“Total bantuan masker yang diserahkan tersebut sebanyak seratus masker, pembelian masker dari dana sukarela para guru,” ujarnya kepada kanalaceh.com.

Ia mengimbau kepada siswa untuk terus menjaga kesehatan agar terhindar dari ISPA. Sebab, penyakit ini biasanya timbul akibat kelembaban udara. Saluran napas dalam situasi itu cepat kering dan berujung iritasi.

“Mengurangi aktivitas di luar ruangan dan perbanyak minum air putih.” ujar kepala MIN Lawe Kongker itu.

Pantauan kanalaceh.com, kabut asap di Aceh Tenggara telah terjadi selama tiga hari terakhir. Sementara Kepala BPBD Aceh Tenggara melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dona Alkhadapi sudah membagikan seribu masker kepada masyarakat.

“Kita harus tetap waspada agar senantiasa siaga dalam penanggulangan bencana asap ini, khusus untuk warga yang berpegian agar selalu menggunakan masker semoga masyarakat terhindar dari pada penyakit ISPA,” terangnya. [Seh Amin]

Related posts