Enam Fakta Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf

[Foto: Antara]

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Jokowi sudah mengumumkan 34 menteri dan empat pejabat setingkat menteri yang akan membantunya di kabinet pemerintahan periode 2019-2024. Dari susunan komposisi kabinet Indonesia Maju terdapat beberapa fakta.

Salah satunya, tak ada lagi nama muka lama seperti Susi Pudjiastuti dan Wiranto.

Berikut enam fakta yang dilansir laman VIVAnews, Rabu, 23 Oktober 2019

  1. Susi Pudjiastuti dan Wiranto tak dipakai lagi

Kabinet jilid II Jokowi tak lagi menyertakan nama Susi Pudjiastuti yang sebelumnya populer sebagai menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Posisi Susi digantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP.

Selain Susi, tak ada lagi nama mantan Menko Polhukam Wiranto. Pendiri Partai Hanura itu digantikan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

  1. Prabowo, rival Jokowi resmi bergabung

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Ia diplot sebagai menteri Pertahanan. Bergabungnya Prabowo menarik perhatian, karena eks Pangkostrad itu rival Jokowi di Pilpres 2019.

Selain Prabowo, ada loyalisnya di Gerindra, Edhy Prabowo. Dengan adanya Prabowo dan Edhy maka Gerindra dijatah dua kursi menteri.

  1. Nihil dari Demokrat

Kabinet baru Jokowi ternyata tak ada nama kader Partai Demokrat. Putra Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang sebelumnya digadang-gadang masuk kabinet tak ada dalam susunan nama.

Dengan gagalnya Demokrat, hanya Gerindra yang notabene partai rival di Pilpres 2019 dapat jatah di kabinet. Politikus PAN juga tak ada dalam susunan kabinet. Begitu pun dengan PKS yang mantap dengan sikap oposisi.

  1. Fachrul Razi dan Luhut menteri tertua

Menteri Agama Fachrul Razi menjadi menteri tertua di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pensiunan jenderal TNI itu lahir di Banda Aceh, Aceh Darussalam, 26 Juli 1947. Eks Wakil Panglima TNI itu kini berusia 72 tahun.

Selain Fachrul, ada Luhut Panjaitan. Sama-sama pensiunan jenderal TNI, Luhut pun berusia 72 tahun. Namun, politikus senior Golkar itu lebih muda dua bulan dari Fachrul. Luhut lahir pada 28 September 1947.

  1. Target Kabinet Indonesia Maju

Jokowi memberikan nama kabinet lima tahun ke depan dengan sebutan Kabinet Indonesia Maju. Jokowi saat mengumumkan susunan menterinya, menyebut tujuan Kabinet Indonesia Maju yang fokus sektor ekonomi antara lain membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) RI.

Dia menginginkan, lima tahun ke depan kabinet ini fokus dengan pengembangan SDM dan penciptaan lapangan kerja. Selain itu, bisa membangun usaha kecil, mikro, menengah.

  1. Diperkenalkan pakai batik

Ada momen berbeda antara perkenalan menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 dengan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Susunan figur menteri Kabinet Kerja diperkenalkan dengan busana kemeja putih lengan panjang di Istana. Namun, di kabinet Indonesia Maju para menteri diperkenalkan dengan pakaian batik. Bahkan, Jokowi dan jajaran para pembantunya itu mengumumkan dengan cara duduk lesehan. []

 

View this post on Instagram

 

Berikut menteri yang telah ditunjuk untuk membantunya di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. – 1 .Mohamad Mahfud MD Menkopolhukam 2 .Airlangga Hartarto Menko Perekonomian 3. Muhadjir Efendy Menko PMK 4. Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi 5. Prabowo Subianto Menteri pertahanan 6. PRatikno Menteri sekretaris negara 7 Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri 8. Retno L Marsudi Menteri Luar Negeri 9. Jenderal purn Fachrul Razi Menteri Agama 10. Yasonna Laoly Menkumham 11. Sri Mulyani Menteri Keuangan 12. Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 13. Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan 14. Juliari Batubara Menteri Sosial 15. Ida fauziah Menteri Tenaga Kerja 16. Agus Gumiwang Menteri Perindustrian 17. Agus Suparmanto Menteri Perdagangan 18. Arifin Tasrif Menteri ESDM 19. Basuki Hadimulyono Meneri PUPR 20. Budi Karya Menteri Perhubungan 21. Johnny Plate Menkominfo 22. Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian 23. Situ Nurbaya Bakar Menteri LHK 24. Edhy PRabowo Menteri Kelautan dan Perikanan 25. Abdul Halim Iskandar Menteri Desa dan pembangunan 26. Sofyan Djalil ATR BPN 27 Suharso Monoarfa Bappenas 28 Tjahjo Kumolo Menpan RB 29. Erick Thohir Menteri BUMN 30. Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM 31. Wishnutama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 32. I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Menteri PPA 33. Bambang Permadi Brojonegoro Menristek 34 ZaenudinAmali Menpora 35. Moeldoko KSP 36. Pramono anung Sekretaris Kabinet 37.Bahlil Lahadia Kepala PKPM 38. ST Burhanudin Jaksa Agung – – – #jokowidodo #kabinet #menteri #indonesia

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts