Yara dan Pemko Sabang Kerjasama Bantu Hukum Bagi Masyarakat Miskin

(IST)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) dan Pemerintah Kota Sabang melakukan kerjasama dangan menandatangni naskah bantuan hukum secara gratis bagi masyarakat miskin di Kota Sabang, yang dilakukan Ketua YARA Safaruddin dan Wali Kota Sabang Nazaruddin, dilantai VI kantor Wali Kota  Senin, (18/11).

Ketua YARA Safaruddin meyampaikan, penandatanganan naskah kerjasama itu merupakan bantuan hukum bagi masyarakat miskin, yang bermasalah dengan hukum.

Apabila ada masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan maka YARA dapat bantuan hukum secara gratis, dan tidak dipungut biaya apapun.

Ads

“YARA akan memberi batuan hukum bagi masyarakat yang membutuhkan tanpa dipungut biaya sepeserpun, karena biayanya untuk itu sudah ditanggung Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Apalagi Aceh telah berlakunya Qanun, terhadap alokasi dana bantuan hukum,” kata Safaruddin.

Sekarang ada sekitar 23 lembaga bantuan hukum yang telah terverifikasi oleh pihak BPHN, yang bertugas untuk melakukan bantuan hukum dan misinya. Kemudian provinsi Aceh Yayasan Advokasi Rakyat Aceh, dipercaya sebagai lembaga yang dapat melaksanakan memberi bantuan hukum kepada masyarakat miskin .

Setelah dilakukan penandatanganan naskah kerjasama, ada hal teknis lainnya, untuk membuat pertemuan dengan para Keuchik dalam rangka membicarakan tata cara dan syarat lainnya dan bagaimana kategori orang yang mendapat bantuan hukum.

“Jadi, salah satu syaratnya harus ada surat keterangan miskin yang dikeluarkan oleh Keuchik setempat, kalau surat keterangan miskin yang dikeluarkan Keuchik dan surat keterangan Program Keluarga Harapan (PKH) atau berdasarkan data tanda mendapat bantuan beras gratis (raskin),” jelas Safaruddin.

Sementara itu Wali Kota Sabang Nazaruddin, menyampaikan terima kasihnya atas terselenggaranya penandatanganan naskah kerjasama bantuan hukum bagi masyarakat miskin, yang bertujuan untuk memberi kenyaman kepada masyarakat dalam bentuk perlindungan hukum secara gratis.

Setelah dilakukan penandatangan naskah kerjasama, YARA menjadi mitra kerja Pemerintah Kota Sabang demi kepentingan rakyat. Karena masyarakat awam tidak mengerti masalah hukum, agar tidak terbelenggu dengan istilah hukum maka, hari ini kita mencari orang yang benar-benar mengerti tentang hukum.

“Dengan adanya kerjasama YARA dan Pemko Sabang, maka apabila ada masyarakat miskin bermasalah dengan hukum tentunya pemerintah akan siap memberi bantuan bagi masyarakat miskin tersebut atas rekomendasi dari Keuchik, masalah tersebut akan sama-sama dapat kita tangani,” ungkapnya. [Red]

 

View this post on Instagram

 

Aceh Barat (KANALACEH.COM) – Banjir yang tak kunjung surut di wilayah Aceh Barat, membuat pesta pernikahan warga di Desa Pasie Masjid, Kecamatan Meureubo, digelar di tengah genangan air. Meskipun banjir, tak menyurutkan semangat dan niat pasangan Muhammad Roni dan Desi Mega melangsungkan resepsi pernikahan dalam kondisi banjir, meskipun tinggi air mencapai 40 centimeter. Mobil para tamu undangan juga ikut menerobos banjir hingga ke depan rumah mempelai wanita. Kemudian, kedua mempelai harus di gendong untuk bisa sampai ke atas kursi pelaminan yang juga tergenang banjir. Meski dilanda banjir, proses pernikahan tetap berjalan dan tamu undanganpun tetap bisa menikmati hidangan yang telah disediakan. Keluarga mempelai mengatakan, pihak keluarga terpaksa melaksanakan resepsi ditengah banjir karena undangan sudah disebar dan segala keperluan sudah disiapkan. “Jadi kami harus tetap menggelar resepsi ini. Bahkan untuk sampai ke pelaminan tetap kami gendong kedua mempelai agar tidak basah,” kata keluarga mempelai, Masni Ananda, Senin (18/11). Ia juga mengeluhkan, jika hujan tiba daerah tempat tinggalnya, selalu menjadi langganan banjir. Hal itu sudah terjadi sejak lama. Ia meminta pihak pemerintah Aceh Barat untuk mengupayakan agar Kecamatan Meurebo, Aceh Barat tidak digenangi banjir jika hujan turun. “Harapan kami karena ditempat kami ini selalu banjir kalau hujan, jadi kalau bisa pemerintah daerah lebih tanggap, karena selalu banjir kalau hujan sedikit,” katanya. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com #acehbarat #acehtengah #aceh #acehtenggara #acehtimur #acehbesar #acehsingkil #acehselatan #acehtamiang #gelar #resepsi #pernikahan #banjir #tergenang #hujan #mempelai #nekad #semangat

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on