Jalan Penghubung dari Singkil ke Aceh Selatan Rampung Tahun 2022

(ist)
--Ads--
loading...

Singkil (KANALACEH.COM) – Plt Gubernur Aceh menyatakan bahwa jalan yang menghubungan Trumon-Buluh Seuma-Kuala Baru- Singkil sepanjang 80 km, diharapkan tahun 2022 sudah rampung.

Jalan tersebut terdapat kemukiman Buluh Seuma, Aceh Selatan dan Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil yang selama ini masyarakat masih menggunakan perahu untuk ke Aceh Singkil. Sedangkan masyarakat Buluh Seuma harus melewati jalan yang kurang baik menuju ke Trumon.

Tahun 2019, Pemerintah Aceh membangun 2 segmen, segmen 1 sepanjang 4,2 km, segmen sepanjang 40,2 km, dengan efektif 2,5 km, sisanya fungsional. Sedangkan jalan Batas Aceh Selatan, Kuala Baru Singkil efektif tiga km, panjang jalannya 12 km.

Ads

Pemerintah Aceh juga sedang membangun jembatan kilangan dengan bentang 400 meter yang pada tahun 2020 bisa fungsional. “Tahun 2020 juga sudah ada dana untuk jembatan kilangan Rp 15 miliar untuk menyiapan,” ujar Ir Mawardi Kabid Jalan dan Jembatan.

Tahun 2019, Pemerintah Aceh dari Dana APBA (Otsus) juga membangun jembatan Suak Leubee di ruas tersebut yang sedang dalam proses penyelesaian.

“Masih ada satu jembatan lagi yang harus dibangun agar ruas Buluh Seuma ini bisa fungsional dan membebaskan keterisoliran Buluh Seuma dan Kuala Baru, yaitu jembatan Kayu Meunang 2 kali 60 meter yang akan dibangun 2021. Jembatan ini akan segera dibangun 2021, kegiatan ini  masuk dalam multi years,”ujar Asisten II KA P2K, Teuku Ahmad Dadek dalam ketarangannya, Selasa, (26/11).

“Harapan kita 2022 sudah siap tembus dan masyarakat Singkil menuju Banda Aceh akan efisien 2 jam dari 12 jam menjadi 10 jam, kalau lewat Tapak Tuan – Trumon” ujar Dadek lagi.

Tahun 2020 batas Aceh Selatan Kuala Baru, Aceh Singkil sudah menyiapkan anggaran Rp 25 miliar khusus untuk jalan tahun 2020. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

 BALI (KANALACEH.COM) – Persiraja Banda Aceh berhasil menaklukkan Sriwijaya FC dengan skor tipis 1-0, dalam babak play off liga 2. Kemenangan itu, mengantarkan Laskar Rencong naik kasta ke Liga 1 musim depan. Laga itu berlangsung di Stadion I Wayan Dipta Bali, Senin, 25 November 2019. Persiraja sukses unggul dengan skor tipis atas Sriwijaya. Gol Persiraja diciptakan oleh Assanur Rijal di babak kedua. Dengan hasil itu, Persiraja menjadi tim terakhir yang melaju ke Liga 1 setelah Persita Tangerang dan Persik Kediri. Sementara Sriwijaya tetap berada di Liga 2. Sebelumnya, laga antara Persiraja dan Sriwijaya tersebut menjadi duel dua tim terluka, setelah dikalahkan oleh lawannya masing-masing pada semifinal Liga 2 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali pada 22 November 2019. Selengkapnya di www.kanalaceh.com #acehbarat #acehtengah #aceh #acehtenggara #acehtimur #acehtimur #acehtamiang #acehselatan #acehsingkil #persiraja #taklukkan #pertandingan #sriwijaya #olahraga #sepakbola #ligabola #menang #duel #tim #stadion #bali

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on