Antisipasi Peredaran Narkoba, Barang Bawaan Penumpang Bus di Batoh Diperiksa

(Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menyiapkan dua anjing pelacak untuk mengecek barang penumpang angkutan umum yang menggunakan bus. Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba jelang tahun baru.

Saat dilakukan pemeriksaan, anjing pelacak itu dibawa ke dalam bagasi penumpang yang tersusun di bus penumpang di Terminal Batoh, Banda Aceh, Senin (30/12). Pemeriksaan itu melibatkan dua anjing pelacak jenis Herder.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Dicky Sondani mengatakan, pemeriksan ini dilakukan karena adanya informasi, bahwa menjelang tahun baru, permintaan narkoba meningkat.

Ads

Untuk itu, pihaknya langsung merazia angkutan bus yang ingin keluar dari Aceh, di terminal Batoh. Pengecekan itu dilakukan secara acak, rata-rata, angkutan bus dicek yang hendak berangkat ke Medan, Sumatera Utara.

“Barang-barang yang dibawa dari Banda Aceh keluar dicek, karena menurut informasi yang beredar, bahwa permintaan narkoba menjelang tahun baru meningkat,” kata Dicky. Untuk itu pihaknya mengantisipasi adanya peredaran narkoba jelang tahun baru dari Banda Aceh.

Menurutnya, anjing pelacak ini mampu mendeteksi keberadaan barang-barang haram seperti narkoba, yang hendak diselundupkan oleh penumpang.

Namun, dari operasi tersebut, pihak kepolisian tidak menemukan indikasi peredaran narkoba lewat jalur darat, dengan menggunakan angkutan umum. [Randi]

Ads