Sabang Buat Sejumlah Event Untuk Gaet Wisatawan

Wisata Gua Sarang terletak di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemko Sabang, akan menyelenggarakan sejumlah event pariwisata yang masuk dalam Calender Event Sabang 2020 untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dengan membuat event dan atraksi wisata bisa menarik wisatawan hadir ke Sabang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sabang, Faisal di Sabang, Senin (27/1).

Kunjungan wisatawan ke Pulau Weh saat ini, sebanyak 620.694 orang pada 2019, menurun dibanding dengan tahun sebelumnya yang mencapai 739.333 orang.

Pada 2019 tercatat sebanyak 589.244 orang wisatawan nusantara dan 31.450 wisman. Sedangkan pada 2018 sebanyak 709.506 orang wisatawan nusantara dan juga 29.827 orang wisman.

“Kami lebih giat lagi untuk membuat Kota Sabang semakin bersih dan indah. Sejumlah event sudah kami rencanakan dalam Calender of Event Sabang 2020,” katanya.

Beberapa event yang akan dilaksanakan seperti turnamen sepak bola anak Sabang Merauke, Kanduri Laot, Sabang Marine Festival, Sabang Open Festival, dan Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kota Sabang.

Kemudian, kata dia, juga event lain seperti Gita Bahana Nusantara, Aceh International Diving Festival, Lomba Photo Bawah Laut, Open Turnament Futsal, Lomba Mancing Mania, Sabang Youth Cup, Freediving Competition, Pengibaran Bendera Bawah Laut, dan Lanal Trail Adventure.

“Harapannya dengan adannya event-event ini bisa menarik para wisatawan untuk hadir di Sabang. Ada juga rapat dan acara-acara dari provinsi dan kementerian yang akan diadakan di Sabang, jadi bisa menambah kunjungan ke Sabang,” katanya. [Randi/rel]

Related posts