Pemerintah Aceh Akan Jemput Warga Jika Ada Suspect Corona

Pemerintah Aceh menggelar jumpa pers terkait kesiapsiagaan untuk mencegah virus corona. (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh sudah menyiapkan peralatan di dua fasilitas kesehatan yang ada di Aceh, untuk menangani apabila ada warganya yang terpapar virus corona.

Dua rumah sakit yang menjadi rujukan itu ialah Rumah Sakit Umum Zainal Abidin dan Rumah Sakit Cut Meutia, Aceh Utara. Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif, mengatakan pihaknya akan menjemput apabila ada warga yang terpapar virus corona.

Pihaknya sudah menyiapkan seluruh peralatan penjemputan, mulai dari pakaian khusus, ambulan khusus hingga ruang isloasi. Kemudian 7 dokter spesialis paru juga disiapkan.

Ads

Baca: Cegah Corona, RSUZA Siapkan 7 Dokter Spesialis Paru

“Jika ada terdampak, kita jemput. Dengan ambulans dan perlengkapan khusus. Semua telah kita siapkan, juga ada dokter spesialis,” kata Hanif kepada wartawan di posko corona di Banda Aceh, Rabu (4/3).

Pihaknya sudah membuat tim penjemputan yang sudah terlatih, untuk menangani pasien virus corona. Sehingga, ia mengharapkan agar masyarakat tidak perlu takut dengan kesiapan rumah sakit yang ada di Aceh.

Baca: Waspada Virus Corona, IDI Aceh Minta Paramedis Siaga di Perbatasan

“Jadi tidak perlu takut, peralatan kita masih canggih dan bagus. Semoga tidak ada satupun yang suspect di Aceh. Program utama kita itu tetap pencegahan,” katanya.

Untuk melakukan pencegahan dini, ia meminta Wali Kota dan Bupati se Aceh, untuk meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat secara berkala. Terutama masyarakat yang akan berpergian ke wilayah terjangkit, dengan materi pencegahan penyebaran penyakit melalui praktek perilaku hidup bersih dan sehat dan antisipasi penularan virus corona.

“Lakukan antisipasi, deteksi, serta respon terhadap penumpang di bandara dan pelabuhan laut terutama penumpang internasional,” kata dia. [Randi]