DPRA Desak Pemerintah Pulangkan Warga Aceh di Malaysia

Menara Petronas. Malaysia. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky meminta pemerintah memulangkan warga Aceh di Malaysia. Sebab, banyak diantara perantau asal Aceh di sana yang hidupnya terkatung-katung, karena Malaysia memberlakukan lockdown.

Iskandar mengatakan, pihaknya juga sudah menyurati Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk menjemput warga dan mahasiswa Aceh yang berada di berbagai daerah di Malaysia.

Menurutnya, akibat lockdown mengakibatkan warga Aceh di Malaysia kehilangan pekerjaan. Mereka juga tidak memiliki penghasilan sama sekali.

“Karena itu mereka warga serta mahasiswa Aceh yang belajar di perguruan tinggi IIUM, UKM dan UM sangat mengharapkan dapat dipulangkan,” katanya.

Ia berharap, Pemerintah Aceh dapat membantu proses pemulangan warga dan mencari solusi alternatif. Sehingga, tak ada lagi warga Aceh di Malaysia yang pulang via jalur ilegal.

“Diharapkan Plt Gubernur Aceh untuk dapat memulangkan warga dan mahasiswa Aceh di Malaysia, yang nasibnya terkatung-katung dan bahkan ada yang sudah kelaparan,” ungkap Iskandar.

Pemerintah Aceh diminta berkonsultasi dengan DPRA untuk membahas anggaran pemulangan warga Aceh di Malaysia. “Apabila situasi nanti dapat dipulangkan harus sesuai protokol COVID-19 untuk mencegah penularan corona ke Aceh, berkoordinasi dengan KBRI dan KJRI yang ada di Malaysia serta Gugus Tugas COVID-19,” katanya. [Rino Babarot]

Related posts