Masjid di Sawang Aceh Utara Tergenang Banjir

Masjid di Sawang tergenang banjir. (Foto: BPBA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara sejak semalam, Sabtu (16/5) mengakibatkan sebagaian kawasan itu terendam banjir.

Salah satu daerah yang terkana banjir ialah Kecamatan Sawang. Di sana, selain rumah penduduk, masjid At-Taqwa Desa Krueng Haji  juga ikut terendam banjir. Sehingga, salat subuh berjamaah di masjid wilayah itu ditiadakan sementara.

Kepala BPBA, Sunawardi mengatakan, intensitas hujan yang tinggi melanda wilayah Kabupaten Aceh Utara. “Sehingga meluapnya sungai Krueng Jambo Aye, Krueng Pirak dan Krueng Sawang, sehingga menyebabkan terjadinya Banjir dan Longsor,” katanya, Minggu (17/5).

BPBD Kabuapten Aceh Utara dan SAR, kata dia sudah turun kelapangan untuk memantau perkembangan debit air. Ia berharap semua petugas, dapat melapor secara kontinu perkembangan.

Kemudian, menghimbau warganya tetap waspada dan siaga dengan cuaca sangat ekstrem akibat hujan terus menerus. Kondisi terkahir saat ini, banjir di sebagian wilayah di Aceh Utara belum surut.

“Air belum surut, dan tim masih di lapangan,” ujarnya. Pihaknya masih melakukan pendataan terkait korban dan dampak material yang rusak akibat banjir. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang tinggi di Aceh Besar, mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir di Desa Geuntet, Kecamatan Lhoong Aceh Besar, Sabtu (16/5). Banjir juga menggenangi rumah warga di daerah setempat, dengan ketinggian air mencapai 30 cm hingga 1 meter. Kepala BPBA, Sunawardi mengatakan, kejadian itu di akibatkan derasnya hujan di wilayah Aceh Besar. “Akibatnya sungai krung kala meluap sehingga terjadi banjir dan longsor dengan ketinggian air mencapai 30 cm sampai 1 meter,” katanya melalui keterangannya. Ia mengatakan, enam unit rumah warga ikut terendam. Sementara longsor terjadi di badan jalan menuju arah tempat wisata air terjun Suhom. Tak hanya itu, banjir juga merendam 60 hektare area persawahan warga, dan terkikis nya biram jalan penghubung desa dan jalan nasional akibat deras nya air dan material lonsor. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #intensitashujan #banjir #genanganair #banjirbandang #longsor #bencanaalam #antisipasi #himbauanmasyarakat

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts