Ada yang Positif Corona, Aminullah Ingatkan Warga Tak Abai Protokol Kesehatan

Aminullah Sebut Warga Punya Peran Untuk Memutus Rantai Penyebran Corona. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kamis kemarin, 28 Mei 2020, seorang pria berinisial I (35) warga Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya dinyatakan positif terinfeksi virus corona usai pulang dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Informasi tersebut bersumber dari Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif, dan Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin SpOT, K-Spine FICS, Kamis malam.

Kini pasien tersebut sedang dirawat di Ruang Respiratory Intensive Curative Unit (RICU) RSUZA Banda Aceh.

Ads

Dari kejadian tersebut, Wali Kota Banda Aceh segera memerintahkan tim Siaga Covid-19 untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan di rumah pasien positif dan sekitar area rumahnya.

“Pasien sudah dikarantina. Kita juga sudah tugaskan tim siaga covid-19 untuk menyemprot (desinfektan) di lorong-lorong gampong. Aparatur gampong juga telah menutup jalan setempat,” kata Aminullah.

Pihak aparatur desa juga telah mengisolir warga desa tersebut, “ini harus kita terapkan agar penyebaran virus tidak meluas,” katanya lagi.

Aminullah juga telah memerintahkan pihak dinas kesehatan untuk melakukan swab tes segera kepada pihak keluarga dan kerabat pasien.

Melalui muspika Jaya Baru, Wali Kota Aminullah pun memberikan imbauan kepada warga sekitar untuk tetap jaga jarak, kenakan masker dan ikuti protokol yang ada.

Dengan bertambahnya satu pasien positif corona di Banda Aceh maka total kasus positif corona di Aceh hingga hari ini mencapai 20 kasus. Diantaranya 17 orang sembuh, satu meninggal, dan dua lagi sedang dirawat.

Informasi dari Dinkes kota, hingga 29 Mei 2020 per pukul 12.00 WIB, Orang Dalam Pemantauan sebanyak 15 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 16 orang dan pasien positif menjadi tiga orang, dua diantaranya telah sembuh. [Randi/rel]

Ads