Sambut New Normal, Pemkab Aceh Singkil Bakal Bikin Perbup Gunakan Masker

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Aceh Singkil. (Kanal Aceh/Khadafi)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh Singkil Faisal, menuturkan Pemda Aceh Singkil meningkatkan sosialisasi penanganan Covid-19 di Pasar guna menyambut skema new normal.

“Karena Covid-19 ini sudah lama, vaksinnya juga hingga kini belum ditemukan, maka kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19,” kata Faisal saat melakukan sosialisasi di Pasar Rimo, Gunung Meriah, Minggu (31/5).

Hidup berdampingan dengan Covid-19 yang dimaksud Faisal ialah tidak selamanya kita takut dengan virus Corona tetapi bagaimana supaya kita tidak tertular.

Baca: Daftar 14 Daerah di Aceh Sudah Bisa Berlakukan New Normal

Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, khususnya di pasar diantaranya dengan pakai masker, saling jaga jarak antara pembeli dan pedagang, terdapat pintu masuk dan keluar pasar, cuci tangan dan cek suhu.

Pihaknya juga menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan masker, meski Pemerintah sudah sering membagikan masker gratis.

“Itulah yang sering kita lihat, namun kita tetap selalu waspada dan menyampaikan kepada masyarakat agar memakai masker, alhamdulillah di Aceh Singkil sampai saat ini tidak ada kasus positif Covid-19,” ungkap Faisal.

Untuk itu Pemda kata Faisal mewacanakan membuat regulasi seperti Perbup terkait dengan penggunaan masker.

“Atau diberikan sanksi misalnya bagi yang tidak memakai masker masuk ke pasar, itu nanti kita suruh keluar. Jadi itu gunanya kita membuat pintu keluar – masuk,”katanya.

Kebiasaan masyarakat yang terkadang tidak mengindahkan protokol kesehatan, Disperindagkop mengantisipasi dengan berkoordinasi baik dengan Pengelola Pasar, BUMDes, Camat dan Polsek serta TNI untuk menertibkannya.

Sosialisasi new normal kata Faisal akan berlaku bagi 23 Pasar yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. [Khadafi]

Related posts