Kapal Cepat Akan Beroperasi, Tiket Aceh Singkil-Pulau Banyak Rp 100 Ribu

KM Tailana. (Dok. Hariono)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Dinas Perhubungan Aceh Singkil sudah merumuskan tarif kapal cepat dengan rute Aceh Singkil – Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat.

Kapal cepat yang diberi nama KM Tailana itu, juga sudah mendapat izin opersional, dermaga sandar hingga tarif. Untuk Aceh Singkil – Pulau Banyak, tarifnya Rp 100 ribu, sementara untuk ke Pulau Banyak Barat Rp 120 ribu.

KM Tailana akan mulai beroperasi pada Bulan Juni ini. Hanya saja, pihaknya masih kesulitasn untuk mencari dermaga sandar di Pulau Banyak Barat. Sebab, situasi ombak di dermaga sana tidak memungkinkan untuk bersandarnya kapal.

Ads

“Kita usahakan untuk bulan Juni ini beroperasi, tarif tiket dari Singkil – Pulau Banyak Rp 100 ribu, tambah Rp 20 ribu ke Pulau Banyak Barat, tapi kendalanya di Pulau Banyak Barat tidak dapat bersandar karena dermaganya melawan ombak,” kata Kadishub Aceh Singkil, Malim Diwa, kemarin, Minggu (30/5).

loading...

Malim menjelaskan, kapal tersbeut baru beroperasi karena beberapa bulan terakhir situasi sedang dalam pandemi Covid-19. Kini diberi peluang untuk new normal. Sehingga pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan Bupati.

Kapal ditargetkan kedepan akan beroperasi pada Bulan Juni ini, sembari menunggu dibuka kembali sektor pariwisata.

“Sebenarnya prosesnya sudah, tiketnya sudah, ijin Bupati sudah, personel ABKnya juga sudah,” ujarnya.

Menurutnya, mesin kapal KM Tailana menggunakan mesin duduk dengan berbahan bakar solar. Untuk sekali berlayar, membutuhkan biaya solar sekitar Rp 2,5 juta. [Khadafi]

Ads