Haji 2020 Batal, 26 Jemaah Asal Singkil Terdampak

(Kanal Aceh/Khadafi)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Sebanyak 26 calon jamaah haji asal Kabupaten Aceh Singkil gagal berangkat tahun 2020.

Kepala Kemenag Aceh Singkil Salihin Mizal melalui Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Istadi mengatakan, ke-26 calon jamaah haji ini sudah siap untuk diberangkatkan. Namun Kemenag RI membatalkannya seiring pandemi global virus corona.

Para calon jamaah haji reguler ini kata Istadi sudah melaksanakan tahapan pelunasan biaya, pengurusan pasport serta vaksin miningitis dan influensa.

Ads

“Mereka ini yang merupakan calon jamaah haji daftar tunggu (waiting list) tahun 2011 dan mereka ini tinggal melaksanakan manasiknya saja,” kata Istadi saat di konfirmasi di Kantor Kemenag setempat, Pulo Sarok, Singkil, Rabu (3/6).

Bagi calon jamaah haji yang hendak mengambil setoran pelunasan agar dapat menghubungi Kantor Kemenag Aceh Singkil.

“Karena informasi pembatalan baru kemarin, sampai saat ini belum ada calon jamaah yang mengajukan pengembalian,”

Secara otomatis bagi calon jamaah haji tahun 2021 akan diberangkatkan pada tahun 2022. [Khadafi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 4.187 calon jemaah haji asal Aceh ikut terdampak akibat penundaan pemberangkatan haji Indonesia tahun ini. Mereka juga sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi mengatakan, biaya yang sudah dibayarkan oleh jemaah ini, nantinya akan dikembalikan bila para jemaah memintanya. Menurutnya, ada dua opsi yang ditawarkan kepada para jemaah yang terdampak penundaan tersebut. Opsi pertama, uang tetap disimpan oleh pemerintah melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). “Kedua, jemaah yang butuh karena ini lagi Covid-19, maka boleh minta kembali nanti akan dikembalikan,” kata Samhudi kepada wartawan, Selasa (2/6). Ia menjelaskan, penundaan haji tahun ini diputuskan dengan berbagai pertimbangan. Sebelum diputuskan, Kementerian Agama juga sudah membentuk tim yang mengkaji dampak atau akibat jika haji tetap digelar. “Jadi jumlah total kuota haji Aceh 4.378 jemaah, yang terdampak 4.187 jemaah, karena yang belum bayar setoran tidak dihitung,” ujarnya. Bagi jamaah haji yang telah melunasi BPIH tahun ini, maka akan diberangkatkan tahun depan. Ia mengatakan, jika tahun depan ongkos haji naik atau turun, maka akan dilakukan penyesuaian. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #jemaahhaji #kemenag #kuotahaji #ongkoshaji #baitullah #ibadahhaji #BPIH #tahundepan #BPKH

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads