40 Persen Wali Murid di Banda Aceh Tidak Setuju Sekolah Dibuka

Ilustrasi. (foto: grid.id)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan Banda Aceh kini sedang bersiap untuk menjalankan kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Dalam hal ini, nantinya Pemerintah Kota (Pemko) akan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Aminullah dalam wawancaranya usai melakukan kegiatan konferensi video bersama kepala para sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP se-Banda Aceh.

Sebelumnya, pihak dinas pendidikan kota telah melakukan polling secara online yang dibuka selama dua hari (29 dan 30 Mei 2020). Polling tersebut ditujukan kepada para guru, orang tua/wali murid dan siswa-siswi.

Ads

Hasilnya, dari total 26 ribu responden, sebanyak 49,45 persen setuju sekolah dibuka kembali, 40 persen tidak setuju dan selebihnya menyatakan ‘tidak tahu’.

Dari hasil tersebut, Aminullah menyebutkan, Pemko sedang skema pendidikan baru dengan menerapkan aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ini tengah kita bahas bersama dengan DPRK, kita akan melakukan edukasi dan simulasi terlebih dahulu,” kata Aminullah dalam keterangannya, Senin (8/6).

Dalam simulasi yang direncanakan, ia mencontohkan, misalnya dalam satu hari itu satu kelas yang masuk, atau dalam satu hari ada 50 persen pelajar masuk pagi dan 50 persen pada siangnya, jelasnya.

“Skema ini masih kita rencanakan, kita masih menunggu instruksi dari pusat terkait hal ini. Namun, ini semua merupakan kesiapan kita Banda Aceh dalam menjalankan pendidikan di era baru nanti,” kata Aminullah.

Aminullah pun juga mengatakan, jika nantinya sekolah akan berjalan kembali, para guru dan murid juga akan dilakukan rapid tes.

“Kita juga masih merancang kebutuhan fasilitas dan alat kesehatan untuk semua sekolah. Semua sekolah harus siap menerapkan protokol kesehatan. Kita harus benar-benar siap dan kita berharap tidak terjadi gelombang kedua Covid-19,” kata Aminullah. [Randi/rel]