Aceh Singkil Komit Pertahankan Zona Hijau Covid-19

Ilustrasi, Bupati Aceh Singkil Ikut Rapid Test. (Kanal Aceh/Khadafi)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan rapid test dilakukan guna memastikan Aceh Singkil, sebagai daerah zona hijau Covid-19.

“Ini untuk memastikan Aceh Singkil tidak ada yang terindikasi positif Corona,” katanya usai menjalani rapid test di Oproom Kantor Bupati, Rabu (10/6).

Dulmusrid mengatakan, di Aceh Singkil akan diambil sebanyak 300 sampel rapid test untuk memastikan Aceh Singkil zona hijau Covid-19.

Ads

Apabila hasil pemeriksaan nantinya terdapat yang reaktif, akan dianjurkan untuk karantina untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit.

“Lokasi karantina sudah disiapkan di gedung balai diklat Pulo Sarok, fasilitas juga sudah tersedia,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini tiga pos pemantauan Covid-19 di perbatasan masih aktif, sementara empat lainnya sudah ditutup.

Tiga pos yang masih aktif diantaranya pos di perbatasan Danau Paris, Suro dan di Pelabuhan Penyeberangan Singkil. Sementara empat pos yang sudah ditutup yakni Pos di Kecamatan Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Kuala Baru dan Singkohor.

Kabid Pencegahan Penyebaran Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Muhammad Raja Maringin mengatakan salah satu indikator Provinsi Aceh bebas Covid-19 adalah dengan melaksanakan rapid test sesuai dengan sasaran. Di Aceh Singkil sasarannya 300 partisipan.

“Hari ini kita laksanakan rapid test dari personel Kodim 10, Kejaksaan 10, Polres 10 dan dari ASN 45,” kata Maringin. [Khadafi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejak diumumkannya pemberlakuan new normal dan gratis pemeriksaan Covid-19 di Aceh, jumlah pembuat surat keterangan bebas virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) meningkat drastis. Perharinya, ada sekitar 70 hingga 80 orang mengajukan permintaan surat bebas Covid-19 ke rumah sakit pelat merah tersebut. Umumnya, mereka ingin menggunakan surat itu untuk bisa naik pesawat ke luar daerah dengan berbagai kepentingan. Wakil Direktur Pelayanan RSUZA, Endang saat dikonfirmasi membenarkan adanya lonjakan permintaan surat bebas Covid-19. “Ya meningkat sehari ada 80 orang, umumnya mereka mau ke luar daerah, juga untuk bisa naik pesawat,” kata Endang, Rabu (10/6). Peningkatan itu sudah terlihat sejak Pemerintah Aceh mengumumkan penggratisan rapid test dan test swab di setiap rumah sakit daerah di Aceh. “Peningkatan itu sejak dinyatakan gratis oleh Pemerintah Aceh,” ujar Endang. Ia juga menyebutkan, permintaan surat itu juga terjadi di beberapa rumah sakit di kabupaten kota yang ada di Aceh. “Di rumah sakit rujukan juga meningkat,” ucapnya. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #rapidtest #swabtes #suratkesehatan #protokolkesehatan #psbb #cegahcorona #antisipasi

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on