Jaga Adat, Banda Aceh Akan Bentuk MAA Tingkat Kecamatan

H. Rusli Arsyad. Kepala Bidang Kaderisasi Adat. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pembentukan Majelis Adat Aceh (MAA) tingkat kecamatan dinilai penting, sebagai salah satu upaya menjaga dan melestarikan adat di Kota Banda Aceh.

Hal ini disampaikan oleh Ketua MAA Kota Banda Aceh melalui Kepala Bidang Kaderisasi Adat, H. Rusli Arsyad, pada Senin, 13 Juli 2020.

“Karena kita ibu kota dari provinsi Aceh, tentunya banyak orang dari berbagai macam suku dan budaya yang datang ke sini dengan membawa adat lain, sehingga sangat penting adanya MAA tingkat kecamatan sebagai upaya menjaga dan melestarikan adat Aceh,” kata Rusli.

Ads

MAA Kecamatan, kata dia merupakan ujung tombak pelaksanaan adat di tingkat mukim dan gampong. Sementara MAA Kota Banda Aceh akan melakukan pembinaan secara berkelanjutan.

Ia juga mengatakan, sembilan kecamatan di Banda Aceh sudah direncanakan bersama Wali Kota, untuk membentuk MAA Kecamatan yang nantinya akan diatur dalam peraturan wali kota.

Rusli mengatakan, pembentukan MAA Kecamatan ini sudah diatur dalam Qanun Nomor 3  Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Majelis Adat Aceh Kota Banda Aceh.

Rusli berharap dengan terbentuknya MAA di tingkat kecamatan adanya keseragaman terhadap pelaksanaan adat dan budaya di Kota Banda Aceh. [Randi/ril]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa kembali mengguncang wilayah Kota Banda Aceh, Senin (13/7) pagi pukul 07:58 WIB. Gempa berkekuatan 5,5 SR itu juga dirasakan warga sekitar. Informasi yang diperoleh dari BMKG menjelaskan, gempa itu terjadi di 121 kilometer Barat Daya Banda Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada titik koordinat 5.12 Lintang Utara, 94.32 Bujur Tmur. “Telah terjadi gempa Magnitude 5.5 SR tanggal 13 Juli 2020 pukul 07: 58 : 46 WIB, pada Kedalaman 10 Km,” tulis BMKG yang dikutip kanalaceh.com. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #gempa #gempabumi #bencanaalam #bmkg #lempenganbumi #pagi #masyarakat #magnitude5.5SR #guncangan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kanal Aceh (@kanalacehcom) pada