Satu Perawat di Sabang Terkonfirmasi Positif Corona

Ilustrasi, Pasien positif corona dari Sabang dirujuk ke RSUZA. (Kanal Aceh/Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Satu orang warga Sabang kembali terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien ini merupakan kasus kedua di Kota Sabang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang, Bahrul Fikri mengatakan bahwa pasien kedua di Sabang ini berinisial NII (40), yang berprofesi sebagai perawat di Puskesmas Balohan Kota Sabang.

“Iya satu orang warga kita terkonfirmasi positif COVID-19. Ini kasus kedua di Kota Sabang,” kata Bahrul, Selasa (14/7).

Bahrul menjelaskan, pasien NII (40) berdomisili di Gampong Kuta Ateuh,  Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. NII (40) dinyatakan positif dari hasil uji swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh.

Hasil uji sampel swab NII (40) yang pertama dinyatakan negatif COVID-19, namun baru pada hasil uji swab yang kedua, NII (40) dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“Prosedurnya memang harus diambil swab dua kali dan setelah 14 hari dari hasil swab yang pertama, swab NII (40) yang kedua kalinya menunjukkan hasilnya positif COVID-19,” kata Bahrul.

Menurut Bahrul, pasien tidak memiliki gejala selama ini dan setelah dinyatakan positif corona, NII (40) langsung melakukan isolasi mandiri dirumahnya. Bahrul juga berharap warga untuk tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian sebanyak 95 orang petugas di Puskesmas Balohan juga langsung melakukan isolasi mandir. Kemudian, sebanyak 27 orang yang berkontak jarak dekat dengan pasien NII (40) telah diambil sampel swabnya, termasuk 4 orang anggota keluarganya.

“27 orang yang diambil swabnya tadi pagi itu keluarga dan tenaga medis, dan swabnya juga sudah langsung dikirim ke Balai Litbangkes Aceh. Kita juga akan terus melakukan tracing sebagai langkah antisipasi,” katanya. [Arjuna]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang Dosen Fakultas Pertanian di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), melalui hasil swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Aceh. Dosen perempuan tersebut berinisial EM. Saat ini ia sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh untuk dilakukan perawatan secara intensif. Rektor Unsyiah, Profesor Samsul Rizal membenarkan adanya salah satu dosen yang terpapar virus corona. Dosen tersebut terakhir kali ke kampus sekitar 14 hari yang lalu. “Dosen Tetap Fakultas Pertanian. Terakhir ke Unsyiah pada SIPKD, sekitar 30 Juni lalu,” kata Profesor Samsul saat dikonfirmasi, Senin (13/7). Saat ini ruang tempat dosen itu juga sudah disterilkan dengan dilakukan penyemprotan disinfektan. Berdasarkan keterangan dari petugas, ruang tempat dosen tersebut bekerja sudah aman, hanya tersisa bau cairan disinfektan “Berdasarkan analisis kami, (ruang tersebut) sudah aman dan akan kami buka lagi besok atau lusa tergantung pada bau sisa disinfektan,” ucapnya. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #dosen #unsyiah #kuliah #kuliahonline #disinfektan #ruangdosen #rektor #kampus #corona

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts