Warga Diimbau Tetap Isolasi Mandiri Sebelum Hasil Tes Swab Keluar

Ilustrasi, Tes swab. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, meminta jajarannya di Dinas Kesehatan Aceh untuk senantiasa selalu mengingatkan masyarakat yang telah menjalani tes swab agar tidak berkeliaran, selama menunggu keluarnya hasil.

Hal tersebut penting dilakukan guna menghindari potensi terjadinya penularan Covid-19 kepada orang lain.  Hal tersebut disampaikan Dadek dalam rapat penguatan alur informasi Covid-19 Aceh, yang digelar secara virtual, Kamis, (13/8).

“Kita tidak tahu apakah dia positif atau negatif, karena itu sebaiknya selama menunggu hasil, pasien kita ingatkan untuk isolasi mandiri saja, “kata Dadek.

Dadek juga meminta agar pihak Dinas Kesehatan dan pihak Laboratorium penguji Covid-19 tidak menerima masyarakat yang ingin melakukan tes swab dengan double lokasi. test swab, kata dia, hanya boleh dilakukan di satu tempat saja.

“Karena itu, setiap orang yang telah menjalani tes swab harus diinput data NIK nya. Sehingga antara satu lab dengan lab lainnya dapat melakukan pengecekan terhadap pasien yang telah menjalani tes swab, ” ujar Dadek.

Pada kesempatan yang sama, Dadek juga mengingatkan para pihak terkait penyebaran update informasi Covid-19 di Aceh. Ia mengatakan, update info seputaran Covid-19 di Aceh hanya boleh dikeluarkan oleh juru bicara gugus tugas saja.

“Ini penting kita ingatkan, agar update informasi Covid-19 keluar satu pintu. Sehingga tidak terjadi simpang siur informasi yang diterima masyarakat, ” kata Dadek. [Randi/ril]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang pasien yang terkonfirmasi virus corona (Covid-19) berinisial Za (24), asal Kabupaten Nagan Raya, Aceh melahirkan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Kamis, 13 Agustus 2020. Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUZA, Novina Rahmawati mengatakan, kondisi bayi yang baru lahir itu dalam keadaan sehat. Pasien tersebut, kata Novina, melahirkan seorang bayi dengan jenis kelamin laki-laki dan memiliki berat badan 3,3 kilogram. “Alhamdulillah telah lahir bayi dari Ibu Covid-19 positif yang pertama, keduanya sehat,” kata Novina. Meski ibunya positif Covid-19, kata dia namun bayi tersebut dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak tertular virus dari ibunya. “Tidak ada jurnal yang menyatakan penularan secara vertikal. Kemungkinan bayi tidak tertular,” ujarnya. Ia menjelaskan, selama proses persalinan, pasien diawasi dengan ketat oleh bidan, perawat dan dokter spesialis obgyn (kandungan). Secara umum, saat ini pasien dalam kondisi baik. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #ibu #pasien #positifcorona #penularan #virus #bayi #negatifcorona #rsuza #melahirkan

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts