Tak Pakai Masker, Catin di Abdya Bakal Tak Dilayani KUA

Ilustrasi. (fanind.com)
--Ads--
loading...

Abdya (KANALACEH.COM) – Kantor Urusan Agama (KUA) di Aceh Barat Daya (Abdya) tidak akan melayani apabila calon pengantin datang untuk mendaftar atau melangsungkan pernikahan jika tidak pakai masker. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19).

Kepala KUA Kecamatan Blangpidie, Abdya, Khairul Huda membenarkan, pihaknya akan menolak melayani calon pengantin yang tidak mengenakan masker saat mengurus berkas pernikahan atau hendak melangsungkan pernikahan.

“Kita suruh pulang untuk mengambil masker, kalau persoalan pernikahan tetap kita jalankan. Hanya saja, jika pasangan tersebut tidak menggunakan masker KUA tidak bakal melayani,” katanya pada wartawan, Senin (1/9).

Ads

Bahkan, selama masa pandemi ini, pihaknya pernah menolak calon pengantin yang hendak melaksanakan proses pernikahan, karena tidak pakai masker.

“Bukan tidak kita nikahkan. Tidak kami tunda juga pernikahannya, tapi kami menyuruh mereka pulang terlebih dahulu untuk mengambil masker, dan setelah itu balik lagi,” katanya.

Khairul mengaku ketegasan itu diambil hanya untuk menghindari penularan virus corona. Apalagi kasus di Aceh saat ini kian hari terus bertambah.

“Kita harap para Catin ini mengikuti protokoler kesehatan, persoalan virus ini kita tidak tahu. Kita bilang tidak ada, tapi korban yang meninggal dunia terus ada. Perlu ketegasan memang,” ucapnya.

Ia juga tak menampik dirinya juga sedikit kewalahan ketika acara akad nikah berlangsung di masjid. Menurutnya, sulit mengawasi masyarakat dan meminta mereka untuk benar-benar menggunakan masker. [Randi]