Sudah 3 Bulan Tak Ada Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Aceh

Wisatawan menyaksikan atraksi Budaya Kanduri laot di Sabang. (Foto: Hen Lampakuk)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –  Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat, sudah tiga bulan terakhir tidak ada kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah rencong.

Kepala BPS Aceh Ihsanurijal mengatakan, tidak adanya kunjungan ke Aceh karena masih mewabahnya virus corona di sejumlah negara. Sehingga, banyak wisatawan yang masih enggan untuk bepergian.

Kata dia, nihilnya kunjungan wisatawan ke Aceh terjadi pada bulan April hanya 1 orang, bulan Mei, Juni dan Juli sama sekali tidak ada alias nol.

Ads

“Tidak ada wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui pintu kedatangan di Provinsi Aceh pada bulan Juli 2020, mengalami penurunan sebesar 100 persen dibandingkan bulan Juli 2019,” kata Ihsanurijal dalam keterangannya, Rabu (2/9).

Sementara itu, jumlah wisatawan mancanegara secara kumulatif dari bulan Januari hingga Juli 2020 adalah sebanyak 10.402 orang, mengalami penurunan sebesar 35,65 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 lalu.

“Selama pembatasan penerbangan dan pelayaran luar negeri, maka jumlah kedatangan wisman pada bulan Juli pun menjadi tidak ada,” ujarnya.

Sementara itu, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Aceh pada bulan Juli 2020 sebesar 18,23 persen, mengalami peningkatan sebesar 4,50 poin dibandingkan bulan Juni 2020, jika dibandingkan dengan bulan 2019 mengalami penurunan sebesar 34,95 poin. [Randi]