Sudah 33 Orang Warga Subulussalam Terkonfirmasi Positif Corona

--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Subulussalam, Baginda Nasution mengatakan, jumlah warga yang terpapar positif virus corona (Covid-19) terus bertambah.

Baginda Nasution bilang sesuai hasil pemeriksaan Swab RT-QPCR terhadap 6 sampel VTM dari Dinas Kesehatan Subulussam pada tanggal 22 September 2020 dinyatakan 2 orang positif Covid-19 yaitu, inisila ES jenis kelamin perempuan, usia 33 Tahun, berdomisili di kecamatan Simpang kiri.

Kemudian inisial YP, jenis kelamin laki-laki, usia 35 tahun, berdomisili di kecamatan Simpang Kiri.

Ads

Dengan demikian, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Subulussalam bertambah yang sebelumnya 31 menjadi 33 orang dengan rincian, sembuh 20 orang, meninggal dunia 5 orang dan diisolasi sebanyak 8 orang pasien.

“Penyebaran Virus Corona sudah menjadi transmisi lokal di kota Subulussalam, maka semua komponen masyarakat diminta untuk waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yakni selalu memakai masker jika keluar rumah, sering mencuci tangan dan hindari kerumunan serta menjaga jarak,” kata Baginda, Jumat (25/9).

Baginda juga mengatakan, semua warga perlu menyadari bahwa penyebaran Covid-19 cukup cepat menyebar. Untuk itu ia meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan. [Satria Tumangger]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, Endang Mutiawati, menyatakan, sebagian besar kasus kematian covid-19 di Aceh disebabkan karena adanya penyakit penyerta (komorbid). Berdasarkan data pertanggal 14 September pekan lalu terdapat 91 pasien Covid-19 yang meninggal karena komorbid. Hingga Selasa 23/09 kemarin angka kematian karena covid tercatat mencapai 142 orang. Artinya hanya 51 orang yang meninggal karena murni terjangkit covid-19. “Sebagian besar pasien covid-19 Aceh yang meninggal dunia itu disebabkan adanya penyakit lainnya. Nah, Covid ini bisa memperparah penyakit yang dialami pasien sebelumnya,” kata Endang di Banda Aceh, Rabu, (23/9). Komorbiditas dan komorbid artinya penyakit penyerta, sebuah istilah dalam dunia kedokteran yang menggambarkan kondisi bahwa ada penyakit lain yang dialami selain dari penyakit utamanya. Kata Endang, beberapa penyakit penyerta yang acap menyebabkan kematian pada pasien covid-19, antara lain diabetes, hipertensi dan gagal ginjal. “Penyakit penyerta memperburuk perjalanan klinis Covid-19, apalagi jika faktor komorbid itu tidak terkontrol dengan baik,” kata Endang. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #medis #gugustugas #corona #cegahcorona #psbb #jagajarak #rsud #dokter #penyakitbawaan

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on