Insentif Tenaga Kesehatan di Aceh Singkil Belum Cair

Kadis Kesehatan Aceh Singkil. (ist)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, menyampaikan bahwa dana insentif tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani langsung pasien Covid-19 di daerah itu belum disalurkan.

“Khusus tenaga kesehatan belum ada dapat, insentif itu belum bisa dicairkan sampai sekarang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil Erwin dalam keterangannya, Jumat (2/10/2020).

Erwin menyampaikan bahwa penyebab belum tersalurkannya dana insentif para nakes yang menangani pasien COVID-19 karena belum masuk ke DPA anggaran.

Ads

“Untuk tahun ini belum bisa dicairkan, itu akan dicairkan pada tahun depan,” ujar Erwin.

Tenaga kesehatan di Aceh Singkil mendapat alokasi insentif dari pemerintah pusat total mencapai Rp 780 juta.

Insentif nantinya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang melakukan penanganan kasus Covid-19.

“Tidak seluruh tenaga kesehatan dapat insentif, tapi khusus puskesmas yang menangani kasus Covid-19 seperti Puskesmas Singkil, Singkil Utara maupun Gunung Meriah,”ujarnya.

Erwin berujar, tenaga kesehatan yang mendapat insentif tersebut yakni untuk perawat dan dokter, baik itu PNS maupun honorer. “Untuk jumlahnya berapa orang, kita belum tahu,” tambahnya.

Sementara nominal yang akan diterima oleh nakes pun berbeda antara perawat dengan dokter.

Dia juga tidak menyampaikan kapan tepatnya waktu penyaluran bagi para nakes tersebut. “Ya tahun depan, karena pada anggaran perubahan tahun ini tidak masuk,” tandas Erwin. [Khadafi]