Mendagri Minta Pemerintah Aceh Kreatif Menangani Covid

Mendagri lantik Nova Iriansyah jadi gubernur Aceh definitif. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menuntut Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang baru dilantik untuk kreatif dalam menangani Covid-19  yang akhir-akhir ini melonjak drastis di tanah rencong.

Tito bilang Pemerintah Aceh harus optimis menghadapi pandemi Covid-19 dan dampaknya. Semua pihak harus melihat peluang dan terobosan untuk memutus rantai penularannnya.

“Pemerintah Aceh dan semua pihak harus pandai membaca peluang dengan terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif di tengah tantangan situasi sulit pandemi Covid-19. Pandemi ini harus ditangani secara optimal,” kata Tito usai melantik Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh Definitif, di gedung utama DPR Aceh, Kamis (5/11).

Dalam menghadapi bencana global pandemi Covid-19 yang merupakan bencana multidimensi yang berdampak pada bidang kesehatan, kemanusiaan, ekonomi dan bahkan sosial. Tito menyarankan agar Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Nova Iriansyah untuk fokus menangani Covid.

‘Seperti halnya negara atau daerah lain, penyebaran penyakit Covid-19 juga terjadi di Aceh, bahkan ada saudara-saudara kita yang telah wafat karena penyakit tersebut. Makanya ini harus jadi perhatian,” katanya.

Pemerintah pusat, kata Tito tentu tidak berdiam diri, berbagai program pemerintah baik fisik maupun non fisik terus dilaksanakan untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan mendorong percepatan pembangunan tersebut.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyebutkan sejauh ini pihaknya sudah melahirkan sejumlah kebijakan dalam menangani Covid-19. Diantaranya penanganan medis, jaring pengamanan sosial hingga pemulihan ekonomi krisis pangan.

“Semua kebijakan tersebut bertujuan untuk melindungi seluruh warga Aceh dari bencana pandemi ini. Langkah penting yang harus dicapai bersama adalah mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19, mewujudkan masyarakat yang disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan,” kata Nova.

Ia mengaku masih banyak tantangan dalam melawan COVID-19. Namun ia percaya masyarakat Aceh bisa melalui masa sulit ini sesegera mungkin. [Randi]

Related posts