RSUTP Abdya Kini Miliki Alat Pemecah Batu Ginjal

--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Aceh Barat Daya (Abdya) akhir tahun ini akan memiliki Alat Pemecah Batu Ginjal atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESW). Alat ini segera dioperasikan untuk melayani masyarakat Kabupaten setempat dan sekitarnya.

“Alhamdulilah, dengan adanya alat tersebut pasien yang menderita batu ginjal tidak perlu dioperasi lagi karena dapat dihancurkan dengan sinar kecuali batu ukuran besar diatas dua senti,”ucap Direktur RSUTP Abdya Dr. Ismail Muhammad, Senin (9/11).

Menurut Ismuha panggilan akrab Ismail Muhammad, sebelum peresmian, nanti akan di Launching terlebih dahulu oleh Bupati Akmal Ibrahim.

Ads

Dirinya menjelaskan, selama ini pihaknya tetap melayani pasien jika ada yang berobat karena batu ginjal. Namun tindakan yang dilakukan dengan memberikan obat dan operasi akan dirujuk ke RSU Zainoel Abidin Banda Aceh.

Sebelumnya, alat tersebut sebenarnya sudah ada sejak awal tahun. Namun, baru bisa difungsikan akhir tahun ini karena pihak RSUTP harus menyiapkan ruangan terlebih dahulu yang sedang direnovasi saat ini.

Ia juga berharap kepada masyarakat, untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaiknya dan jangan langsung ke rumah sakit lain jika ingin berobat. Tetapi konsultasi dulu dengan pihak RSUTP Abdya.

Selain itu, selama ini masyarakat kurang mengetahui dan banyak berobat alternatif yang belum tentu bisa dpertanggungjawabkan secara medis.

“Kalau ada keluhan dengan ginjal segera konsultasi dengan dokter ahli kita. Target kita supaya rumah sakit lain di Wilayah Barsela khususnya semoga bisa bekerja sama dengan kita terutama mengenai ESWL ini,”demikian Dr Ismail Muhammad. [Jimi Pratama]

Ads