Sabang Tanam Padi Gogo Perdana

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang melakukan penanaman perdana padi Gogo dalam rangka Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) sekaligus menyerahkan secara simbolis sapi bantuan presiden, di Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, Jumat (20/11/2020).

Pelaksanaan kegiatan tanam padi gogo pada lahan milik masyarakat seluas 13 hektare (ha) ini merupakan realisasi dari PATB yang menjadi program Kementerian Pertanian (Kementan), dalam meningkatkan produksi beras dan kesejahteraan petani.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengucapkan terimakasih kepada Kementan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang yang telah memberi bantuan langsung untuk ketahanan pangan di Kota Sabang.
Kepada TNI/POLRI yang telah membantu untuk melaksanakan kegiatan penanaman padi perdana ini.

“Insyaallah padi gogo ini bisa maju dan berkembang, yang paling penting adalah kesungguhan dari para petani kita. Saya berharap padi ini bisa tumbuh subur di Kota Sabang” harapnya.

Menurutnya, saat ini di Sabang memiliki lahan yang tidak terlalu luas untuk bidang pertanian, walaupun demikian Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Sabang pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri mengatakan bahwa dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Sabang, Kementrian Pertanian memberikan mendapatkan bantuan dalam upaya realisasi dari PATB berdasarkan APBN.

“Karena Sabang terbatas sumber air, jadi Kita berusaha mengembangkan padi ladang/padi gogo. Kemudian kita juga menyerahankan bantuan sapi dari presiden yang berjumlah 40 ekor untuk dibagikan kepada 2 kelompok,” ujarnya.

Lebih lanjut jelasnya, lahan seluas 13 hektare (ha) ini merupakan lahan masyarakat yang hasil dari penanaman padi ini akan langsung dapat dinikmati masyarakat. Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang hanya memberikan penyuluhan dan bibit sedangkan hasilnya secara penuh untuk masyarakat. [Arjuna]

Related posts