Siswa SD dan MI di Abdya Adu Terampil Dikompetisi Pesta Siaga

--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kwartir cabang gerakan Pramuka Aceh Barat Daya kembali melaksanakan kegiatan perlombaan bagi peserta siaga atau lebih dikenal dengan Pesta Siaga.

Perlombaan tersebut terdiri dari siswa tingkatan SD dan MI dalam lingkup Kwatcab Abdya. Pesta Siaga ini berlangsung secara serentak pada Sabtu (21/11).

Kegiatan ini terbagi dalam 3 Wilayah, wilayah Satu terdiri dari Kwartir Ranting Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot, yang dipusatkan di lapangan Kota Bahagia Kuala Batee, dibawah kordinator Drs. Syeh Marhaban.

Ads

Diwilayah satu ini di buka langsung oleh camat Kuala Batee, Khairuman yang juga sebagai Ka Mabiran. Wilayah dua terdiri dari Kwarting Ranting Blangpidie, Susoh dan Setia yang dipusatkan di lapangan Persada Blangpidie dibawah Kordinator Kapusdikcab, Nurhilma.

Sedangkan untuk wilayah tiga terdiri dari Kwaran Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil kegiatannya dipusatkan di lapangan Tengku Peukan Manggeng. Untuk Wilayah kegiatan tersebut dibuka oleh Marzuki, sebagai kordinator yang juga merupakan Ka. Mabigus SMAN 2 Abdya.

Ketua Panitia Pelaksana Pesta Siaga Dasruddin Rahman mengatakan, kegiatan pesta siaga ini terdiri dari beberapa cabang perlombaan diantaranya,membawa bola pimpong dalam sendok secara estapet, membawa air beracun beregu, mengisi air dalam botol secara beregu, pesan berantai secara beregu dan mendayung di darat beregu serta berpakaian Pramuka lengkap secara perorangan.

“Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan melatih anak – anak kita tentang ketangkasan, Kekompakan, ketelitian dan kesetiakawanan,” katanya.

Disamping itu, ini juga bertujuan pembentukan karakter agar anak – anak patuh dan taat menuruti perintah ayah dan bundanya.

Bedasarkan laporan panitia bahwa untuk wilayah satu kuala Batee yang dari 36 Sekolah Dasar yang hadir cuma 5 Sekolah Dasar dan Satu Madrasah Ibtidaiyah. Untuk Wilayah Dua Blangpidie yang hadir cuma 2 Sekolah Dasar dan Satu Madrasah : yaitu SDN 1 Susoh, SDN 1 Setia dan MIN 2 Abdya.

Sedangkan Untuk Wilayah Tiga Manggeng yang hadir 17 Sekolah Dasar dan 3 buah MIN di wilayan tiga tersebut.

Sementara itu ketua Kwartir Cabang Abdya, melalui Ketua harian Husaini Rahman, menyampaikan terimakasih kepada sekolah yang telah berpartisipasi pada pesta siaga tahun ini.

“Kita berharap semua yang berkepentingan dalam hal pembinaan watak dan karakter moral anak bangsa untuk bersama – sama berkontribusi dalam membina generasi penerus bangsa dan negara dimasa mendatang,” sebutnya. [Jimi Pratama]

Ads