24.9 C
Banda Aceh

Salurkan Hobi Hingga Jadi Tambahan Penghasilan Saat Pandemi Covid-19

Headline

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Seiring masa pandemi Covid-19 mendorong semua orang menyesuaikan diri. Mengingat semua orang harus tetap menjalankan aktivitas di rumah agar dapat mencegah penularannya.

Sejak pandemi Covid-19 merebak di Kabupaten Aceh Singkil pada Agustus lalu, masyarakat menjalankan aktivitas mulai dari beribadah, bekerja dan belajar dirumah.

Namun seiring berjalannya waktu, kini masyarakat diminta pemerintah untuk hidup berdampingan dengan virus corona pada era new normal dengan penerapan protokol kesehatan dengan ketat yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ya, pandemi Covid-19 ternyata cukup berimbas terhadap menurunnya perekonomian masyarakat. Hal ini dirasakan betul oleh Ida.

Ida, salah seorang warga Singkil ini memanfaatkan waktu luangnya untuk menyalurkan hobinya menata tanaman hias. Ibu rumah tangga yang satu ini sangat menyukai tanaman. Awalnya hanya untuk mengisi kesehariannya.

Namun, kesukaannya terhadap tanaman ini ternyata bisa menghasilkan uang. Bahkan, saat ini telah menjadi usaha yang menjanjikan untuk terus dikembangkan.

Berbagai tanaman hias terlihat tumbuh subur yang tertanam dalam aneka macam warna pot berjejer didepan rumahnya tertata dengan rapi.

Ida menyebut, ada sejumlah tanaman hias yang ditanam nya diperkarangan rumahnya mulai dari, daun bunga Air mata ibu, janda bolong, keladi bulan, dan keladi kobra.

“Kemudian ada jenis kelatea, kilo jari, gelombang cinta, sutra, bego nia lilin, rubi kamboja bangkok, thailand, kladium, pilo jari, lidah mertua, keladi keramik hingga rottondum aceh,” kata Ida di Singkil, Sabtu (28/11/2020).

Untuk menanam tanaman hias tersebut ia menggunakan pupuk NPK dan Kandang serta memberi pengamanan seperti jaring dari ternak liar, dan pancaran sinar matahari secara langsung ketanamannya.

Lumayan, dari hasil bercocok tanamnya selain dapat mengisi waktunya menghiasi perkarangan rumahnya juga dapat membantu perekonomian keluarga ditengah masa pandemi covid-19 ini dari penjualan tanaman hiasnya.

Disamping kesibukan menggurus rumah tangga ditengah masa pandemi covid-19 ini, ia juga disibukan dengan bercocok menanam bunga hias dan membantu sang suami berjualan kecil-kecilan dirumah.

Selain itu, ibu rumah tangga lainnya Rina warga Singkil, juga melakukan hal yang sama diperkarangan rumahnya.

Dimasa pandemi covid-19 ini, Rina juga memanfaatkan waktunya dirumah dengan bercocok tanaman hias sambil menjalankan usaha menjahit nya dirumah.

Awalnya ide menanam bunga ini diawali dengan hobi. Waktu itu baru hanya menanam beberapa pohon tanaman muda saja, ternyata mendapat sambutan positif.

Warga Singkil ini pun terus perlahan-lahan mengembangkan tanamannya dengan mencari hingga mendatangkannya dari luar daerah karena mulai banyak orang mengagumi tanaman hiasnya.

Mereka mengaku, selain dapat menyalurkan hobinya hal tersebut juga mampu menolong ekonomi keluarganya dimasa pandemi Covid-19 ini.

Tentunya, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung entah kapan berakhir ini adalah ujian. Di baliknya pasti ada hikmah. Berkah tidak disangka-sangka bisa menghampiri mereka yang tekun dan kreatif dalam menjalankan setiap aktivitasnya. (Khdafi)

Berita Terkait

Trending

Berita Terbaru