26.8 C
Banda Aceh

BUMG Kuta Bahagia di Abdya Hasilkan Rp 12 Juta Sehari Lewat Kolam Pemandian

Headline

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Desa Kuta Bahagia, Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) dinilai sebagai salah satu desa yang mampu menggerakan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Sehingga memberikan manfaat bagi desa dan masyarakatnya. Bahkan dalam satu hari, pendapatan Desa ini mampu meraup keuntungan hingga Rp 12 Juta dari pengelolaan BUMG.

Hal ini diungkapkan Keuchik Gampong Kuta Bahagia Erlis kepada Kanalaceh.com saat ditemui dikediamannya.

Erlis mengatakan keuntungan tersebut didapatkan dari hasil membangun tiga kolam pemandian dari Dana Desa (DD) dengan total anggaran yang diperkirakan mencapai Rp 500 juta.

Dirinya menceritakan awalnya hanya satu kolam pemandian yang dibangun pada tahun 2018. Namun, pada tahun 2019 ditambah lagi menjadi tiga kolam. Karena tidak mampu lagi menampung pengunjung yang saban hari terus membludak.

“Jika hari libur atau hari besar BUMG mampu mengumpulkan keuntungan hingga mencapai Rp 12 juta. Itu untuk hari hari besar seperti libur lebaran. Lanjutnya, kalau hari biasa hanya satu juta,” katanya, Rabu (2/12).

Sebelumnya, kata Erlis, dirinya juga sudah mengusulkan kepada salah satu anggota DPRK agar diteruskan kepada Bupati Akmal Ibrahim untuk perluasan kolam ini dan juga pembebasan lahan.

“Namun meskipun demikian kolam ini masih ada kekurangan. Nanti kita usulkan pada tahun 2021 untuk menutupi kekurangannya,” ungkapnya.

Sambungnya, dengan adanya kolam ini sangat banyak membantu dari segi pertumbuhan ekonomi masyarakat gampong dan juga hasil ini sebagian disumbangkan ke mesjid.

“Alhamdulillah perekonomian masyarakat berputar disini, yang berjualan diseputaran kolam hingga pendapatan para pemuda,” sebutnya.

Pantauan dilokasi bukan hanya warga lokal saja yang berkunjung ke tempat pemandian ini. Bahkan warga Aceh Selatan dan Nagan Raya hingga Aceh Barat.

Sebagai informasi, letak kolam pemandian gampong Kuta Bahagia ini memang sangat strategis selain dekat dengan jalan Nasional air kolam ini juga berasal dari sungai mata air yang jernih nan sejuk dari pegunungan. [Jimi Pratama]

Berita Terkait

Trending

Berita Terbaru