Tiga Hari ke Depan Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Ringan Hingga Lebat

Ilustrasi. (kesehatan.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan laporan peringatan dini cuaca di Aceh. Sejumlah wilayah kabupaten/kota akan diterpa hujan ringan hingga lebat pada tiga hari ke depan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad, mengatakan, untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat antara lain Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Kuta Cane (Aceh Tenggara), Bener Meriah, kemudian pantai barat selatan mulai dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, dan Subulussalam.

Hal itu, kata Zakaria disebabkan adanya belokan angin sehingga terjadi pelambatan kecepatan angin khusus di udara atas.

Kemudian, kata dia begitu juga suhu muka laut sehingga potensi terjadi hujan lebih besar, dikarenakan air laut yang menguap. Sebab karena ada belokan angin dan pelambatan pergerakan angin sehingga menumpuk di wilayah Aceh.

“Secara umum Aceh akan berpotensi dua tiga hari ke depan terjadi hujan ringan hingga sedang. Namun untuk beberapa wilayah akan terjadi hujan sedang hingga lebat,” kata Zakaria kepada wartawan, Sabtu (2/1/2020).

Untuk wilayah selain itu, akan terjadi hujan ringan hingga sedang. Sementara kecepatan angin antara 5-20 km/jam. Ini, kata dia masih tergolong angin sedang.

“Namun tetap harus waspada banjir di Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Langsa, dan juga Aceh Tenggara serta Aceh Singkil, itu perlu diwaspadai banjir. Sedangkan untuk tinggi gelombang sendiri itu rata-rata dua tiga hari ke depan masih tinggi. Yang paling rendah itu 1,25 sampai dengan 2,5 meter untuk penyeberangan Banda Aceh Sabang,” ucapnya.

Kemudian untuk wilayah Utara Timur mulai dari perairan Sigli sampai ke Aceh Tamiang. Kemudian untuk barat selatan, 1,25 sampai dengan 2 setengah meter, mulai dari perairan Aceh Jaya sampai dengan Aceh Singkil.

Sedangkan untuk Selat Malaka bagian utara kemudian sebelah utara Sabang, lalu untuk Samudera Hindia barat Aceh itu antara 2 sampai 4 meter tinggi gelombangnya. [Rans]

Related posts