Sekda Aceh Pantau Vaksinasi di Sabang

Sekda Aceh Pantau Vaksinasi di Sabang

Sabang (KANALACEH.COM) – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah melakukan kunjungan kerja ke Kota Sabang, guna memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tehadap tenaga kesehatan (nakes) di pulau paling barat Indonesia itu.

Taqwallah meminta tenaga kesehatan di Kota Sabang untuk segera menuntaskan vaksinasi tahap pertama. Hal tersebut penting agar vaksinasi tahap selanjutnya bagi pelayan publik dapat segera dilaksanakan.

“Fase paling menentukan dalam penanganan COVID-19 adalah fase vaksinasi, karena itu kedatangan kami kemari untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi di Kota Sabang tidak ada hambatan,” katanya dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Senin (15/2).

Sekda Aceh berkunjung ke Sabang pada Minggu (14/2) sore, didampingi Sekda Kota Sabang Zakaria, Asisten I Sekda Kota Sabang Andri Nourman AP, serta turut hadir rombongan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat guna melihat kesiapan Sabang sebagai tuan rumah Muktamar IDI 2021.

Ia mengatakan bahwa kedatangan pihaknya ke Kota Sabang bertujuan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan berjalan tanpa hambatan.

Sekda Aceh juga meminta nakes untuk saling meyakinkan terkait informasi vaksinasi. Kata dia vaksin COVID-19 sudah teruji dan aman untuk menjadi benteng kekebalan tubuh dalam melawan virus corona.

“Informasi hoaks terkait vaksin harus kita lawan, kita harus memberikan pemahaman yang benar bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Sabang Zakaria berharap juga dengan kehadirian Sekda Aceh dan rombongan IDI Pusat tersebut membangkitan motivasi tenaga kesehatan di Sabang agar tidak takut menjalani vaksinasi.

“Diharapkan dengan kehadiran bapak Sekda Aceh beserta rombongan IDI pusat di Kota Sabang dapat memotivasi para nakes di Kota Sabang untuk mempercepat proses vaksinasi,” katanya.

Menanggapi arahan Sekda, sekitar 300 nakes di RSUD Kota Sabang menyatakan siap untuk vaksinasi. “Sebanyak 21 di antaranya sudah divaksin. Insya Allah akan segera kita tuntaskan sisa nakes yang memenuhi syarat untuk vaksinasi,” kata Direktur RSUD Kota Sabang Edi Suharto.

Begitu juga pernyataan enam Kepala Puskesmas di Kota Sabang atas kesiapan mereka untuk segera menuntaskan vaksinasi tahap pertama. Salah satunya Puskesmas Suka Jaya yang sudah bergerak cepat.

“Sebanyak 49 dari 65 nakes di Puskesmas Suka Jaya sudah menjalani vaksinasi tahap pertama,” kata Kepala Puskesmas Suka Jaya Balohan Yuni Riska Fitrina.

Related posts