Disdukcapil Sabang ‘Jemput Bola’ Rekam Data E-KTP Bagi Lansia

Jelang Pilkada, masyarakat Pidie Jaya diimbau buat e-KTP
ilustrasi. (tribunnews)

Sabang (KANALACEH.COM) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sabang mengadakan layanan jemput bola perekaman data KTP elektronik terhadap lansia yang tidak sanggup ke kantor pelayanan.

Kadisdukcapil Sabang Aidil Fitri mengatakan sistem jemput bola atau mendatangi rumah itu sebagai bentuk tanggung jawab mereka dalam meningkatkan pelayanan atas pemenuhan hak administrasi kependudukan bagi WNI, sesuai dengan Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.

“Kami memiliki tanggung jawab penuh untuk memastikan hak administrasi kependudukan terpenuhi bagi setiap WNI di Kota Sabang,” kata Aidil, Kamis (18/2).

Salah seorang warga yang didatangi petugas seperti proses perekaman data diri e-KTP milik Rohaniah (88) warga Gampong Ie Meulee, Kota Sabang yang sudah lanjut usia sehingga tidak mampu bangun dari tempat tidurnya.

“Mengetahui informasi ada warga yang belum memiliki e-KTP, kami langsung turun lapangan dan melakukan perekaman di rumah, meliputi foto, sidik jari, iris mata, dan digital signature,” katanya.

Aidil juga meminta masyarakat pulau paling barat Indonesia itu yang belum memiliki e-KTP agar segara datang langsung ke kantor pelayanan untuk mendapatkan kartu identitias agar terwujud tertib administrasi.

“Tertib administrasi sangat penting agar masyarakat mudah dalam mengurus segala hal yang diperlukan dikemudian hari,” katanya.

Related posts