Kemendagri Setujui Sabang Tambah Kecamatan Baru

Sabang (KANALACEH.COM) – Upaya pemekaran Kecamatan Sukamakmue di Kota Sabang telah membuahkan hasil. Pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Bina Adwil Kemendagri, telah menyetujui Kecamatan Sukamakmue sebagai kecamatan baru di Kota Sabang dengan telah keluarnya kode wilayah.

“Alhamdulilah setelah melalui serangkaian proses, kini kecamatan sukamakmue telah sah secara administrasi sebagai kecamatan baru di Kota Sabang,” kata Sekretaris Daerah Kota Sabang, Zakaria Kamis (18/2).

Ia menjelaskan bahwa hal ini berdasarkan hasil pertemuan antara Pemerintah Kota Sabang dengan Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Direktorat Jendral Bina Adwil Kemendagri, Sugiarto, pembentukan kecamatan ini pada prosesnya sudah memenuhi persyaratan dan telah melalui beberapa tahapan sampai dikeluarkannya kode wilayah kecamatan.

“Prinsipnya setelah keluar persetujuan dari Mendagri pada bulan Oktober 2020 lalu, kode dan data wilayah kecamatan sukamakmue telah disiapkan untuk mempercepat proses penataannya. Jadi secara otomatis sekarang sudah keluar kode wilayah, itu sudah sah secara administrasi,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sekda Kota Sabang, untuk kode wilayah kecamatan akan ditetapkan bersamaan dengan revisi semua kecamatan diseluruh Indonesia oleh Kemendagri, namun secara resmi Kecamatan Sukamakmue sudah memiliki kode wilayah yakni 117203, dimana kecamatan ini akan menjadi kecamatan yang ke-7255 di Indonesia dan kecamatan yang ke-290 di Provinsi Aceh.

“Dengan terealisasinya kecamatan Sukamakmue ini, tentunya sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang lebih optimal lagi,” ungkapnya.

Menurut Sekda Kota Sabang, seiring dengan berjalannya proses Imigrasi, Pemerintah Kota Sabang juga sudah melakukan perencanaan, seperti penyediaan tanah untuk pembangunan kantor camat baru, penetapan ibukota kecamatan baru serta persiapan operasional penunjang lainnya.

“Untuk tahap selanjutnya, kita akan mempersiapkan beberapa infrastruktur yang akan dibangun dan juga struktur organisasinya. Nantinya akan ada enam gampong (desa) yang akan masuk dalam Kecamatan Sukamakmue yakni gampong paya, gampong keuneukai, gampong beurawang, gampong iboih, gampong batee shok dan gampong paya seunara,” terangnya.

Related posts