Babinsa Manggeng Terus Upayakan Pencegahan Karhutla

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Babinsa Koramil Manggeng Kopda Sukimin gencar melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat binaan, Desa Pusu Ingin Jaya, Kecamatan setempat. Jum’at (19/2)

Dalam Komsos tersebut selaku Babinsa, Kopda Sukimin menyampaikan kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) merupakan permasalahan yang hingga kini sulit untuk mewujudkan.

Berbagai macam upaya terus dilakukan oleh pemerintah Pusat hingga perintah Daerah, kebakaran hutan dan lahan tersebut disebabkan oleh ulah tangan oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga berdampak buruk bagi masyarakat lainnya.

Berada ditengah-tengah masyarakat binaan merupakan hal yang selalu dilakukan oleh Babinsa, seperti yang saat ini dilakukan oleh Kopda Sukimin, pada kesempatan tersebut Babinsa mengajak untuk masyarakat berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan.

Dirinya mengatakan, seperti yang kita ketahui bersama kebakaran hutan dan lahan hingga saat ini masih sering terjadi, baik di daerah lain maupun diwilayah sekitar seperti yang terjadi baru-baru ini terjadinya kebakaran lahan di Kecamatan Babahrot.

” Ini sebagai bentuk antisipasi, sekaligus imbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan secara liar”. Katanya

Sosialisasi mencegah kebakaran hutan dan lahan efektif dilakukan melalui komunikasi sosial (Komsos) yang dilakukan jajaran Koramil melalui babinsa di lapangan yang dinilai efektif mencegah kebakaran hutan

Menurutnya, hutan merupakan sumber kehidupan bagi manusia untuk itu sudah menjadi tanggung jawab untuk menjaga kelestarian hutan.

“Saya juga berharap kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena hal tersebut merupakan jalan hukum, selain itu juga dapat merugikan banyak orang akibat asap yang dileluarkan oleh kebakaran hutan tersebut salah satunya adalah ganggguan pernapasan (Ispa),” Ujar Babinsa.

Related posts