Terapkan Prokes Ketat, Aceh Festival Ramadhan 2021 Siap Digelar

Banda Aceh (KANALACEH.COM)  – Bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan dan penuh ampunan kembali menyapa seluruh umat muslim di penjuru dunia, dimana semua amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Aceh, dengan imej yang melekat erat sebagai salah satu Destinasi Wisata Halal di Indonesia, selalu punya cara yang unik dan otentik untuk menyambut sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan setiap tahun.

Setelah sukses dengan Festival Ramadhan 2019, lalu sempat terhenti di tahun 2020 karena pandemi COVID-19, Aceh Festival Ramadhan, atau disingkat AFR, kembali lagi.

Aceh Festival Ramadhan 2021 digelar di Taman Budaya mulai tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021, aktivitas di mulai pukul 16.00 – 18.30 (buka puasa hingga selesai tarawih) dan selanjutnya dibuka kembali pukul 21.30 – 23.00.

Mengusung tema Wonderful Ramadhan in Aceh bertujuan untuk menghidupkan kembali suasana Ramadhan melalui berbagai macam kegiatan positif berbasis syariah, selain juga menghadirkan Syiar Islam melalui kegiatan seni dan budaya yang menjadi Identity Culture di Aceh.

Diharapkan juga jika Aceh Festival Ramadhan 2021 dapat memberikan dampak positif terhadap para pelaku UMKM & Industri Kreatif dalam rangka meningkatkan Economic & Financial Values ditengah pandemi COVID-19saat ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Bapak Jamaluddin menyebutkan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin terus mempromosikan Aceh di mata dunia terutama di bulan Ramadhan bahwa di Aceh memiliki kekhasan dan keunikan dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, sekaligus memberikan edukasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Inviroment Sustainable) penyelenggaran event di Era Pandemi Covid-19.

“Ditambah lagi, Aceh Festival Ramadhan 2021 diharapkan bisa menggerakkan dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat khususnya para pelaku UMKM di masa pandemi seperti ini,” ungkap Jamal.

Aceh Festival Ramadhan 2021 dikreasikan dengan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana content kegiatan kini berbasis Hybrid, yaitu memadukan antara offline dan juga online.

Jadi, selain kegiatan yang berlangsung di lokasi, Aceh Festival Ramadhan 2021 juga akan disiarkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh, serta akun Instagram @acehfestivalramadhan.

Pada kesempatan lainnya, Teuku Hendra Faisal, Kepala Bidang Pemasaran menambahkan, untuk memeriahkan kegiatan ini ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti Ramadhan Bazar, Creative Workshop, Kompetisi Da’I dan Hafiz Cilik serta beragam kegiatan religi lainnya. Tentunya kegiatan ini sangat menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Festival Ramadhan kali ini pengunjung hanya dibatasi sebanyak 250 orang yang akan diberikan bed khusus saat masuk ke arena Festival Ramadhan 2021 dan harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan dalam pengawasan panitia serta petugas keamanan,” ungkap Hendra.

Para pengunjung nantinya akan disuguhkan berbagai pertunjukan seni dan budaya religi yang akan tampil, seperti musik gambus, komunitas drummer dan perkusi Aceh, Dalail Khairat, tausyiah serta berbagai acara Islami lainnya. Harapannya dengan kegiatan ini mampu memotivasi masyarakat untuk membangkitkan kembali perekonomian di tengah pandemic Covid-19 melalui  pola  Adaptasi, Kolaborasi dan Inovasi.

Related posts