Walkot Sabang Salurkan Zakat Masa Houl 2020 Rp 1,79 Miliar

  • Whatsapp

Sabang (KANALACEH.COM) – Wali Kota Sabang, Nazaruddin menyerahkan zakat shenif fakir dan miskin masa houl 2020 secara simbolis, kepada Keuchik Gampong dalam Kota Sabang untuk disalurkan tahun 2021.

Diketahui jumlah keseluruhan dari zakat shenif fakir dan miskin masa houl 2020 adalah Rp 1,79 miliar.

Wali Kota Sabang Nazaruddin mengatakan, dengan disalurkan zakat dari Baitul Mal Kota Sabang diharapkan dapat membantu masyarakat dimasa pandemi ini.

“Mengingat pandemic covid-19 masih berada disekitar kita, saya berharap dengan penyaluran zakat ini dapat membantu masyarakat Sabang, tahun ini angkanya sedikit menurun tetapi jumlah penerima bertambah, namun kita harus tetap bersyukur ” katanya.

Lebih lanjut T. Agam mengatakan, agar penerima zakat dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dan berpesan agar dapat menyelipkan doa yang diperuntukkan kepada para pemberi zakat.

Hal senada juga dikatakan Kepala Baitul Mal Kota Sabang Zulhilmi, bahwa jumlah fakir miskin di Kota Sabang selama masa pandemi mengalami peningkatan, baik untuk Kecamatan Sukajaya, maupun Kecamatan Sukakarya.

“Jumlah Fakir Miskin dapat kami sampaikan, Sukakarya yang fakir ada 632 KK dan miskin 2295 KK. Namun pemberiannya juga kita lihat tanggungannya berapa orang. Kalau Sukajaya fakir ada 607 KK, sedangkan miskin ada 1996 KK,” sebut Zulhilmi, Senin (26/4/2021).

Adapun jumlah zakat senif fakir dan miskin yang akan disalurkan melalui Baitul Mal Kota Sabang berjumlah Rp 1,79 miliar yang akan diserahkan pihaknya kepada Keuchik di gampong masing – masing pada selasa besok.

Guna menghindari terjadinya salah sasaran penyaluran zakat tersebut, Baitul Mal Kota Sabang telah melakukan pendataan terhadap calon penerima zakat, melalui aparatur Gampong masing – masing.

“Data yang kami terima ini adalah datang yang diberikan langsung oleh Keuchik yang lebih mengetahui keadaan masyarakat di Gampongnya, “ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang telah masuk masa wajib zakat, untuk dapat membayarkan zakatnya melalui Baitul Mal setempat, guna disalurkan untuk meringankan beban saudara kita sesama muslim yang kurang mampu di Kota Sabang.

Related posts