Dinas Pertanian Abdya Berikan Lampu Hijau Untuk Kandang Ayam Purnama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Sempat terjadi keresahan masyarakat akibat lalat yang ditimbulkan dari kandang ayam milik pengusa di Desa Lhok Gajah Kuala Batee, Abdya, akhirnya Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Barat Daya (Abdya) memberi lampu hijau untuk pengusaha peternakan yang di Desa setempat untuk beroprasi kembali. Senin (14/6)

Kepala Dinas dan Pangan, Nasruddin mengatakan pemberian izin operasi ini diberikan kepada pengusaha ayam milik T. Raja Purnama saja. Karena, dari beberapa pengusaha ayam yang berada di lokasi gampong Lhok Gajah, dirinya yang paling serius untuk mengurus segala persyaratan.

Sebelumnya, kandang milik pengusaha tersebut di hentikan sementara untuk beroprasi hingga kandang tersebut di bersihkan sesuai dengan kesepakatan awal.

” Dari beberapa kandang di tempat itu hanya purnama yang menunjukan keseriusan, baik secara pengurusan maupun kebersihan serta kandang tersebut sudah ditimbun”. katanya

Bukan tanpa alasan, kandang milik purnama tersebut sudah direspon dengan menimbun dan sudah dibuat batako dipinggir kandang.

” Awalnya kita kurang percaya, makanya pada hari kamis lalu kami terjun kelokasi untuk melihat dan sudah kita buat rapat juga dilokasi serta mengevaluasi untuk tindak lanjut kandang tersebut”. Kata Nasruddin

Pada dasarnya mekanisme yang telah dilakukan oleh Purnama ini sudah sesuai. Maka dari itu pihak dinas memberikan lampu hijau.

” Yang kita berikan izin untuk beroprasi cuma kandang Purnama saja, yang lain belum memberikan respon”. Ungkapnya

Hasil evaluasi dari semua pihak baik dari tingkat Desa Lhok Gajah maupun Ie mameh dan Camat Kuala Bate Serta Koramil setempat merekomendasi bersama kandang Purnama.

” Nantinya Purnama harus membuat perjanjian kesepakatan dengan masyarakat sekitar. Jadi, rekomendasi itu akan kita keluarkan bedasarkan kesepakatan antara pengusa dan masyarakat”. Tuturnya

Katanya, jika Dinas mengeluarkan rekomendasi harus ada surat dasar dari masyarakat. Jika tidak maka dinas tidak ada pegangan karna itu adalah persyaratannya.

” Intinya kedepan Purnama harus duduk dengan masyarakat buat kesepakatan baru”. Sebutnya

Terkait dengan beberapa kandang lainnya, Nasruddin menyebutkan akan memisahkan karena mereka belum melakukan seperti kandang Purnama.

” Sebagian pengusahan memang abai terkait kandang tersebut. Kita juga berharap kedepan kandang tetap jalan dan masyarakat tidak terganggu”.

Sementara itu salah satu pengusaha kandang, T. Raja Purnama mengatakan alhamdulilah karena dinas sudah memberikan lampu hijau kepada kita untuk beroperasi kembali dan kita tahu itu semua memang kelaian. Kedepan, lanjutnya, dirinya akan mengikuti aturan dan tidak mementingkan ego pengusaha.

” Kedepan kita akan lebih teliti dalam menjaga kebersihan kandang”. Katanya

Soal untuk jadwal pemasokan ayam dirinya akan berkomunikasi dengan pihak PT Chiomas adisatwa. Kata Pengelola T. Raja Purnama

” Kita juga berterimakasih kepada kawan-kawan media karena atas kritikan nya, ini adalah bentuk kepeduliaan mereka terhadap saya”.

Related posts