YARA Laporkan Kasus Perjudian Ketua KIP Abdya Ke DKPP

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) akan melaporkan kasus perjudian Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan (DKPP).

Hal itu diungkapkan Ketua YARA Pusat, Safaruddin, saat dikonfirmasi awak media dari Blangpidie, Jum’at (17/9).

Safaruddin menyebutkan, kasus perjudian yang melibatkan Ketua KIP Abdya itu tidak hanya dilihat dari sisi pidana.

“Maksudnya begini, kalau kita minta agar Ketua KIP Abdya itu diberhentikan, kadang-kadang alasannya pasti kita tunggu kasusnya inkracht. Namun, selain pidana, ada etik disana yang harus dilihat,” ujar Safaruddin.

Oleh karenanya, kata Safaruddin, kasus tersebut harus dibawa ke DKPP untuk disidangkan secara etik.

“Etiknya kan sudah tidak bagus. Masalah hukum lain lagi, tapi masalah etik kan beda. Kalau sudah dipidana, sudah tidak etis lagi menjabat sebagai komisioner. Maka, kita lihat minggu depan. Mungkin YARA Abdya akan melaporkan kasus ini ke DKPP, karena ranahnya kode etik,” paparnya.

Persoalan pidana, tambah Safaruddin, biar berjalan di pihak kepolisian atau kejaksaan, tetapi masalah etik lain lagi, itu biar DKPP nanti yang akan memberikan sanksi.

“Kalau hukuman dari DKPP bisa saja dipecat dari komisioner KIP, bukan hanya dari jabatan ketua. Intinya, kita bawa dulu Kasus ini ke DKPP, nanti biar DKPP yang menyidangkan terkait status yang bersangkutan di KIP Abdya,” pungkas Safaruddin

Related posts