14 Ribu Anak di Abdya Sudah Memiliki Kartu Identitas Anak

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Aceh Barat Daya (Abdya) serahkan 52 lembar Kartu Identitas Anak (KIA) ke Tk Dharma wanita kecamatan Kuala Batee. Selasa (19/10)

Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil melalui kepala bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Samsuar Rustam mengatakan,  KIA ini sangat bermanfaat bagi anak- anak dan mempermudah orang tua dalam pengurusan administrasi anak.

”  KIA ini sebagai salah satu hak anak untuk mendapatkan dokumen identitas, pendataan, perlindungan anak dalam memenuhi pelayanan publik di Abdya”. Katanya

Jadi dengan adanya KIA si anak sudah ada tanda pengenalnya yang akan memudahkan untuk mendapatkan pelayanan publik seperti untuk pendaftaran masuk sekolah dan database anak sudah tersedia untuk sistem zonasi sekolah yang databasenya dari Disdukcapil.

Saat ini jumlah anak yang sudah memiliki KIA di Abdya sebanyak 14.191 atau 31.01% dari usia nol hingga 17 tahun. Sedangkan jumlah anak yang belum memiliki KIA 31.579 atau 68,99%.

” Kedepan kita menargetkan anak dari usia nol hingga 17 tahun harus sudah ada kartu Kia”. Katanya

Sementara itu pihaknya juga mengalami kendala dilapangan seperti ada anak yang belum ada akte kelahiran. “Disamping itu juga masyarakat tidak mau tahu padahal itu sangat penting untuk anak.

” padahal untuk mengurus kartu tersebut tidak dipungut biaya”.

Related posts