Langgar Qanun, Pemkab Aceh Singkil Bakal Evaluasi Izin Kimo Resort

  • Whatsapp
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil bakal mengevaluasi izin Kimo Resort yang diduga melanggar qanun nomor 10 Tahun 2019 tentang wisata halal yang menyebutkan larangan memelihara anjing atau babi dilokasi wisata.

Hal itu dilakukan karena Kimo Resort tidak mengindahkan surat teguran yang dilayangkan oleh kepala desa hingga camat sejak 2019 lalu, untuk tidak memelihara anjing di Pulau Panjang yang jadi objek wisata di wilayah itu.

Akibat mengabaikan teguran itu, anjing canon tersebut membuat resah wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut, bahkan ada yang sampai digigit anjing.

Pihaknya akan memeriksa semua berkas izin resort tersebut sesegera mungkin.

Baca: Cerita Warga Pulau Banyak Digigit Anjing Canon Saat Gelar Tradisi Tolak Bala

“Kita akan cek semua, apakah dia mengelola wisata itu izinnya sudah ada apa belum, akan kita cek semua,” kata Dulmusrid kepada wartawan, Senin (25/10).

Selain itu Pemkab Aceh Singkil juga merasa keberatan soal tudingan pemilik Kimo Resort yang memviralkan peristiwa itu dengan cara memframing wisata Pulau Banyak dan warganya menjadi buruk.

Dulmusrid bilang pihaknya tidak akan membuka pintu mediasi jika pemilik resort tidak mengklarifikasi tudingannya terhadap aturan yang sedang berjalan di Aceh Singkil, khususnya di lokasi wisata Pulau Banyak.

“Kalau memang dia ajak bermediasi ya dia harus klarifikasi dulu. Dia yang viralkan, terus pastinya kita keberatan, tentu dia harus mengklarikasi dulu semuanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadisparpora Aceh Singkil Edi Hartono mengatakan, pihaknya akan segera rapat dengan pihak terkait guna melakukan evaluasi masalah pariwasata di Pulau Banyak, termasuk resort-resort yang masih ‘ngeyel’ dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Kita akan buat evaluasi duduk dengan pejabat-pejabat pengambil kebijakan terkait, dengan masalah pariwisata kemudian terkait dengan aturan-aturan yang ada. Kita akan buat evaluasi itu,” ucapnya.

Related posts