Forum Pemuda Samudera Desak Presiden Atasi Banjir di Aceh Utara

by Rajali Samidan

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Puluhan Pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Samudera, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Senin (10/01).

Aksi tersebut mendesak Pemerintah agar segera mengatasi banjir yang sering terjadi di Kecamatan Samudera.

Ketua Forum Pemuda Samudera Misbahudin ilyas menjelaskan, banjir di wilayahnya sering terjadi setiap tahun. Namun, dia menyayangkan sampai saat ini belum ada penanganan atau solusi konkret untuk mengatasi banjir tersebut.

“Setiap musim hujan selalu banjir kadang dalam setahun dua kali banjir,”  ujarnya.

Untuk itu pihaknya mendesak pemerintah untuk mencari solusi penanggulangan banjir di Kecamatan Samudera dan Aceh Utara.

Mereka juga berharap agar Presiden, Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara agar segera mencari solusi terkait persoalan banjir yang telah menelan korban jiwa dan merugikan ekonomi masyarakat.

“Kami juga mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar mengevaluasi HGU dan perizinan lainnya untuk menyelamatkan hutan dan menjaga ekosistem lingkungan hidup, dan aparat penegak hukum agar konsisten dalam memberikan tindakan tegas kepada pelaku ilegal loging,” ujarnya.

Apalagi banjir yang terjadi di sana, merusak fasilitas umum seperti jalan, jembatan penghubung antar kecamatan.

Selain itu mereka juga meminta agar pihak terkait meninjau kembali muara sungai Krueng Pase yang sering meluap dan terjadi banjir setiap penghujung tahun.

“Kami masyarakat tidak perlu pada saat banjir baru pemerintah sibuk mencari muka memberikan bantuan logistik berupa Indomie dan telur, yang kami butuhkan pembangunan jangka panjang,” ucapnya.

You may also like