Jamaah Haji Termuda di Aceh 18 Tahun, Tertua 65 Tahun

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Calon haji termuda yang berangkat dari Embarkasi Aceh berusia 18 tahun. Adalah Farah Fazira yang berasal dari Lhokseumawe. Saat ini Farah masih berstatus sebagai pelajar. Ia akan berangkat bersama orang tuanya.

Ia akan berangkat dalam kloter empat pada Sabtu 18 Juni, bersama 208 jemaah asal Aceh Utara, Kota Lhokseumawe 130 orang dan Aceh Tamiang 49 orang.

Farah dan jamaah lain akan terbang ke Madinah dengan maskapai Garuda Indonesia Airways (GIA) nomor penerbangan GA2104 pada 00.30 WIB.

“Ia memang sudah terdaftar dari awal sebagai calon haji, bukan cadangan atau pengganti,” kata
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal, melansir Antara, Kamis (15/6).

Sementara untuk jemaah haji tertua Aceh, kata Iqbal, berasal dari Kabupaten Aceh Barat, bernama Cut Endek Teuku Budiman Binti Muhammad Amin B. Ia kini berusia 65 tahun. Ia akan berangkat dalam kloter lima pada 19 Juni mendatang.

“Karena tahun ini ada pembatasan usia 65 tahun ke bawah, maka yang paling tua ini, artinya yang paling tua di antara yang tua-tua,” kata Iqbal.

Kemenag mencatat rata-rata usia jamaah haji Aceh yang akan berangkat tahun ini antara 51-60 tahun, yaitu sebanyak 955 jamaah atau 47,2 persen dari total jemaah yang akan berangkat sebanyak 1992 orang.

Pihaknya memberangkatkan jemaah haji sebanyak 1.992 orang ditambah petugas 31 orang, sehingga total 2.023 jamaah. Semua jamaah akan diterbangkan dalam enam kloter. Masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran. (ant)

Related posts