Festival Krueng Daroy Segera Digelar, Catat Tanggalnya!

Festival Krueng Daroy.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menggelar Festival Krueng Daroy 2022 di bantaran Krueng Daroy, Taman Putroe Phang, Banda Aceh pada 29-31 Juli 2022.

Krueng Daroy sendiri merupakan salah satu sungai peninggalan sejarah di Aceh yang dibangun pada masa kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke-16.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, mengungkapkan, Krueng Darot adalah simbol persahabatan dari bangsa-bangsa dunia seperti Pahang, Malaysia, Turki, India dan Tiongkok.

“Krueng Daroy kerap menjadi tempat aktivitas masyarakat Kota Banda Aceh, baik sekedar rekreasi maupun sebagai tempat olahraga. Sehingga area ini berpotensi tinggi menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi masyarakat lokal maupun masyarakat luar daerah Aceh”, ungkap Almuniza.

Almuniza berharap, dengan adanya festival ini, kedepannya Krueng Daroy akan menjadi ragam aktivitas yang syarat akan nilai budaya dan wisata sehingga dapat memperkuat citra sejarah, wisata, dan budaya pada area ini.

“Dengan adanya festival ini diharapkan bisa melestarikan kembali nilai sejarah dan kebudayaan yang ada di Krueng Daroy kepada masyarakat luas”, harap Almuniza.

Sejumlah rangkaian acara telah dipersiapkan seperti Funday History Exhibition, yang akan menampilkan pameran cerita sejarah Krueng Daroy dalam bentuk ragam seni yang artistik dan komunikatif.

Bagi masyarakat umum juga dapat mengikuti rangkaian Funday Walk, jalan santai berhadiah dengan berbagai kuis dan permainan menarik mengenai sejarah Krueng Daroy.

Festival Krueng Daroy juga membuka ruang bagi pelaku UMKM pada kegiatan Funday Bazaar, untuk memperkenalkan produk makanan, minuman, serta kerajinan hingga produk unggulan lainnya sehingga perekonomian setempat juga akan terus meningkat.

Dan masih banyak agenda serta rangkaian acara lainnya, termasuk Funday Prize yang akan ikut meriahkan penghujung acara dengan beragam undian berhadiah bagi seluruh paritisipan Festival Krueng Daroy ini. Informasi lanjut bisa ikuti di Instagram @kruengdaroyfest.

Related posts