Jamaah Haji Asal Aceh Barat Meninggal Dunia di Mekah

(Dok. Sindonews)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) — Seorang Jamaah Haji bernama Nurkharijah Muhammad Yunus (64) asal Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh meninggal dunia di Mekah.

Almarhumah yang tergabung dalam kloter 05-BTJ dengan paspor C67149O5 ini diketahui meninggal dunia pada Sabtu malam (16/7). Ia dikebumikan di Syaraya Makkah Al Muqarramah.

Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 5, Sasangka Bayu Murti mengatakan almarhumah didiagnosa mengidap penyakit jantung iskemik akut (Acute Ischaemic heart disease–dikenal juga dengan ACS, sindrom koroner akut) akibat hipertensi.

“Saat itu sepulang tawaf ifadah Nurkharijah merasa sangat lelah,” kata Sasangka dalam keterangannya, Senin (18/7). Sasangka juga memastikan Nurkharijah telah melakukan wukuf di Arafah dan bahkan sudah menyelsaikan tawaf ifadah.

“Terkait pelaksanaan Armuzna, Nurkharijah selesai melaksanakannya, bahkan sudah tawaf ifadah dan telah kembali ke pemondokan di Syisyah sebelum meninggal dunia,” ujar Sasangka.

Sejauh ini sudah tiga jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi untuk musim haji tahun 2022 ini. Sebelumnya, Muslim bin Abdul Wahab Salam (51), jemaah kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum mendarat di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, 15 Juni 2022, jam 04.37 WAS. Ia didiagnosa mengalami penyakit asam lambung (GERD–gastroesophageal reflux disease).

Lalu Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55), juga dari Kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Mekah, 10 Juli 2022, Jam 07.30 WAS karena gagal ginjal akut (AKI-Acute acute kidney injury).

“Dan kali ini, Nurkharijah asal Aceh Barat, meninggal dunia di Ar Rawdah, Mekah,” katanya.

Related posts