Smong Box Digelar Kembali, Kadisbudpar Harapkan Mitigasi Bencana Sejak Dini

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Museum Tsunami Aceh kembali menggelar agenda tahunan Smong Box bagi pelajar tingkat SMP dan SMA atau sederajat yang ada di Banda Aceh, 29-30 Juli 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almunizal Kamal, mengatakan Smong Box terinspirasi karena kejadian Smong (tsunami) yang terjadi di Simeulue tahun 1907.

“Jadi Museum Tsunami Aceh mempunyai wadah atau sarana interaktif yang menyimpan informasi dan koleksi. Dengan agenda Smong Box ini bisa menjadi media edukasi untuk mitigasi bencana sejak dini bagi pelajar atau siswa sekolah,” sebut Almuniza.

Adanya agenda Smong Box, tambah Almuniza diharapkan agar generasi muda tidak melupakan musibah gempa dan tsunami 2004 serta peristiwa bencana alam yang terdahulu pernah terjadi di Aceh.

“Melalui kegiatan ini bisa kita harap edukasi pengetahuan dini terkait mitigasi bencana terutama tsunami yang terjadi di Aceh bisa dipelajari oleh semua kalangan termasuk bagi kalangan pelajar yang ada di Aceh,” ungkap Almuniza sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut.

Arsitek gedung Museum Tsunami Aceh yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini secara umum dipersiapkan untuk lokasi rekreasi, edukasi, evakuasi dan penyelamatan.

“Berdasarkan riset Insya Allah gedung ini akan tahan terhadap bencana gempa dan tsunami,” imbuh Almuniza.

Lebih lanjut Almuniza Mengatakan di Museum Tsunami bisa mendapatkan pengetahuan tentang Tsunami dan gempa, serta belajar bagaimana pengolaan jalur evakuasi, kepada peserta yang berhadir untuk dapat menyebarluaskan informasi terkait tsunami dan gempa.

Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh M Syahputra AZ, menyebutkan, selain belajar edukasi mitigasi bencana, peserta Smong Box juga bisa melihat sejumlah koleksi yang ada di museum.

“Museum Tsunami Aceh memiliki beberapa ruang pamer baik yang visual ataupun koleksi foto. Selain itu juga bisa melihat secara langsung ‘animal instinct’ yang memberikan informasi bagaimana hewan atau binatang bisa memprediksi adanya bencana,” sebut Syahputra.

Lebih lanjut, kata Syahputra agenda Smong Box pada hari pertama, Jumat, 29 Juli 2022 ini diikuti oleh puluhan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Budi Dharma Kota Banda Aceh.

Related posts