SBA Berbagi Praktik Teknik Peledakan ke Inspektur Tambang Kementerian ESDM

SBA Berbagi Praktik Teknik Peledakan ke Inspektur Tambang Kementerian ESDM. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menerima kunjungan lapangan dari tim Inspektur Tambang Kementerian ESDM RI, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terbaik dalam hal penguasaan, pengembangan dan penerapan teknologi pertambangan dan peledakan yang dilakukan oleh SBA.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta Inspektur Tambang dan perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Aceh, Senin (15/8).

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM RI, Sunindyo Suryo Herdadi menyampaikan apresiasi kepada SBA yang telah mendukung program peningkatan kompetensi kepada Inspektur Tambang (IT) serta Calon Inspektur Tambang Kementerian ESDM penempatan Provinsi Aceh ini.

Kegiatan ini bertujuan agar seluruh IT mendapatkan pencerahan dan pembekalan secara teknis, terkait proses peledakan pada area tambang serta dapat mengelaborasi materi dan aktivitas di lapangan yang sudah dilihat langsung hari ini.

Caretaker General Manager SBA, Anwar Bakti mengatakan, SBA berkomitmen untuk senantiasa mengimplementasikan kaidah teknik pertambangan yang baik pada kegiatan operasional tambang, serta siap untuk berbagi praktik terbaik dalam bidang pertambangan, khususnya pada proses peledakan yang telah SBA lakukan kepada seluruh peserta

Hal ini, kata dia merupakan bentuk nyata sinergi antara regulator dan perusahaan pemegang izin usaha pertambangan. “Semoga kegiatan ini dapat berkontribusi positif bagi kemajuan industri pertambangan di Provinsi Aceh,” ungkap Anwar.

Selain berdiskusi di kelas, seluruh peserta juga diajak untuk melihat langsung dummy bahan peledak dan melakukan observasi perangkaian bahan peledak di lapangan serta menyaksikan secara langsung proses peledakan.

Koordinator Inspektur Tambang KESDM Provini Aceh, Muhammad Hardi mengatakan, atas pelatihan itu pihaknya dapat melihat langsung praktik teknik peledakan yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku, pada salah satu komoditas bahan galian tambang di Aceh dari proses awal hingga akhir.

“Hal ini sangat berguna dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman kami terkait proses peledakan yang akan membantu kami dalam menjalankan tugas dan fungsi, sebagai Inspektur Tambang dalam melakukan pengawasan serta pembinaan kepada perusahaan tambang pemilik IUP”, ujar Muhammad Hardi.

Related posts